Tambang, Migas, UKM: Fokus Ditjen Pajak 2012


Tahun 2012 target penerimaan perpajakan ditetapkan sebesar 1.032 T. Target penerimaan ini mengalami pertumbuhan 26% dari target penerimaan tahun 2011. Kenaikan target penerimaan pada tahun 2012 ini menjadi tugas yang berat bagi ditjen pajak, mengingat pada tahun 2011 target penerimaan tercapai 99,3% .

Dari informasi yang disampaikan oleh ditjen pajak melalui pers, terlihat beberapa kebijakan yang akan dilakukan oleh ditjen pajak untuk mencapai target 2012. Sektor tambang dan migas, serta usaha kecil dan menengah (UKM) menjadi fokus yang dikejar oleh ditjen pajak.

Tambang dan migas, seperti tulisan saya terdahulu  menjadi salah satu potensi yang masih bisa dimaksimalkan oleh ditjen pajak. Salah satu langkah yang dilakukan adalah rencana untuk membentuk Kantor Pelayanan Pajak yang secara khusus akan menangani tambang, dan migas. KPP khusus ini rencananya akan mulai dioperasionalkan mulai April 2012 (sumber). Dan khusus, untuk memperoleh data yang yang lebih akurat pajak akan bekerja sama dengan surveyor untuk memperoleh informasi mengenai hasil dari migas dan pertambangan ini (sumber). Diharapkan dengan adanya KPP khusus dan data dari pihak suveyor independen potensi perpajakan migas dapat lebih dioptimalkan lagi.

Sektor UKM juga menjadi fokus ditjen pajak. Jumlah UKM di Indonesia jutaan, dengan potensi ekonomi yang sangat besar. Namun demikian, dilihat dari data penerimaan perpajakan nasional kontribusi sektor UKM ini dirasa belum optimal, baik dari segi penerimaan PPN maupun PPh.

Penggalian potensi perpajakan dari UKM dimulai dengan program sensus nasional dan juga penyiapan paket peraturan pemerintah tentang perlakuan perpajakan bagi UKM. Tentunya UKM yang dimaksud adalah usaha-usaha kecil dan menengah yang sebenarnya mereka mempunyai penghasilan besar namun belum membayar pajak. Jadi penghasilan mereka tax free.

Last, kita lihat bagaimana implementasi dari strategi ditjen pajak di tahun 2012 ini. Apakah target tahun 2012 ini akan tercapai atau tidak?….

2 thoughts on “Tambang, Migas, UKM: Fokus Ditjen Pajak 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s