Kini Wajib Pajak Orang Pribadi Bisa Menyampaikan SPT Lewat Internet


Terobosan terus dilakukan oleh Ditjen Pajak untuk meningkatkan pelayanan kepada wajib pajak. Salah satu bentuk kemudahan yang kembali dilakukan oleh Ditjen Pajak adalah penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) wajib pajak orang pribadi kini bisa melalui internet atau istilahnya (e-filling). Aturan tersebut dituangkan melalui peraturan dirjen pajak PER-39/PJ/2011 yang mengatur tentang tata cara penyampaian SPT melalui e-filling.

Nah bagaimana alur dan persyaratan e-filling tersebut, jangan kemana-mana. Simak tulisan di bawah sebagai berikut.

Tidak Semua SPT Wajib Pajak Orang Pribadi bisa lewat e-filling….

Di dalam PER-39/PJ/2011 diatur bahwa yang bisa menyampaikan SPT secara online dibatasi hanya untuk formulir SPT 1770S dan atau 1770SS. Untuk informasi, SPT 1770SS digunakan oleh wajib pajak orang pribadi yang mempunyai penghasilan hanya dari satu pemberi kerja dengan jumlah penghasilan bruto dari pekerjaan tidak lebih dari Rp60.000.000,00 (enam puluh juta rupiah) setahun dan tidak mempunyai penghasilan lain kecuali penghasilan berupa bunga bank dan/atau bunga koperasi. Sedangkan 1770S digunakan oleh wajib pajak orang pribadi yang tidak menjalankan usaha bebas, tetapi tidak masuk kategori 1770SS.

Dengan demikian, untuk orang pribadi dengan SPT 1770 masih belum bisa menggunakan fasilitas ini.

Tata Cara Penyampaian

1. Untuk bisa menyampaikan SPT secara online, maka wajib pajak harus mempunya e-FIN (electronic Filing Identification Number ). e-FIN ini bisa diperoleh dengan dua cara, yaitu mendaftar secara online di situs pajak http://www.pajak.go.id atau mengajukan permohonan kepada Kantor Pelayanan Pajak tempat terdaftar.  Apabila mengajukan ke KPP e-FIN akan diberikan apabila identitas diri sama dengan data pada NPWP.

2. e-FIN akan diberikan dalam jangka waktu 3 hari apabila lewat pendaftaran di situs pajak, atau 1 hari apabila mengajukan ke KPP

3. setelah mendapatkan e-FIN, dalam jangka waktu 30 hari harus mendaftarkan kembali pada situs pajak.

4. Setelah terdaftar, selanjutnya wajib pajak dapat menyampaikan SPT yang telah diisi dengan menggunakan e-SPT (dalam bentuk formulir elektronik).

Perlu digambarkan alur dan sistematika…..

Di dalam PER-39/PJ/2011 memang telah menjelaskan tata cara dan proses dari penyampaian SPT tahunan wajib pajak orang pribadi dengan menggunakan internet. Namun demikian, bagi wajib pajak orang pribadi yang sebagian besar awam dengan pajak, menurut saya alangkah baiknya apabila di dalam lampiran PER itu juga digambarkan alurnya secara umum dalam bentuk bagan. Wajib Pajak akan lebih mudah melihat bagan daripada harus membaca ayat per ayat dari isi PER.

Registrasi di situs pajak, sebelah mana…

Aturan mengenai e-filling mengharuskan registrasi melalui situs pajak. Tetapi kalau penulis pribadi lihat screenshot dari situs pajak, penulis juga masih kebingunan di sebelah mana menu registrasinya. Entah penulis yang tidak tahu, atau karena mungkin menunya belum tersedia. Alangkah baiknya juga DJP menginformasikan dalam bentuk screenshot untuk memudahkan wajib pajak mencarinya.

Menuju kemudahan patut dihargai

In the end, terlepas dari beberapa kemungkinan kekurangan yang masih ada, penulis mengapresiasi upaya ditjen pajak untuk senantiasa berkomitmen memberikan pelayanan dan kemudahan kepada wajib pajak untuk melakukan hak dan kewajiban perpajakannya.

Tulisan terkait: Tarif E-filling dengan ASP

4 thoughts on “Kini Wajib Pajak Orang Pribadi Bisa Menyampaikan SPT Lewat Internet

  1. Nice review bang Rizal, semoga tulisannya selalu mencerahkan para pembaca, terutama Fiskus dan Wajib Pajak.
    Menurut saya upaya DJP untuk progam e-filing SPT OP ini perlu diapresiasi oleh kita semua meskipun pasti banyak kendala baik dari sisi DJP maupun para Wajib Pajak, khususnya WP yang sebagian besar belum memahami masalah e-filing ini. Dari sisi kepraktisan WP menurut saya lebih baik mengisi SPT menggunakan form pdf isian yang telah disediakan yang nantinya bisa langsung discan di DPC.

    1. Terima kasih mas Fuad atas komentarnya. saya setuju, bahwa SPT dengan form pdf isian jauh lebih simple dan praktis bagi WP OP yang masih awam. Btw, blognya mas fuad tentang macro dan excel VBA ditunggu ya..🙂

      1. ya mas rizal insyaallah saya juga lagi belajar sedikit2. kita saling sharing aj, semoga bisa menunjang pekerjaan kita.

  2. di situs pajak saya cek masih menggunakan Perusahaan Penyedia Jasa Aplikasi (Asp)…..
    artinya belum bisa langsung seperti penjelasan di atas…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s