Tanya Jawab: Pajak Orang dengan Pekerjaan Bebas


Pertanyaan:

 Saya seorang publisher google adsense. Bisa dikatakan pekerjaan utama saya di Adsense. Status masih single, tidak ada tanggungan. Pendapatan Netto sekitar 1 juta ~ 2 juta sebulan. Jadi, kalau setahun sudah melebihi batas PTKP perorangan. Nah, saya berniat untuk mendaftar NPWP. Namun, saya ada beberapa pertanyaan yang mengganjal soal pajak.

 1. Melihat status pekerjaan saya, apakah saya termasuk pekerja bebas atau bidang usaha?

2. Bagaimana contoh perhitungan Pajak tahunan saya jika misal, netto setahun 18 juta. Apakah pakai “norma” atau prosentase 5%? Atau bagaimana?

3. Apakah perlu pembukuan untuk status pekerjaan saya?

Mohon reply nya agar saya tidak salah penafsiran tentang pajak. Terima kasih

 HitungPajak Menjawab:

Banyak pertanyaan yang masuk, yang menanyakan perhitungan pajak bagi seseorang yang melakukan pekerjaan bebas (bukan karyawan). Hal ini  jelas karena karyawan (yang hanya mendapatkan penghasilan dari satu pemberi kerja) atas penghasilannya sudah otomatis dipotong PPh 21 oleh pemberi kerja, sehingga dengan demikian dia tidak perlu repot-repot menghitung berapa PPh yang harus dibayarnya.

Berbeda dengan karyawan, atas wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas, maka dia harus menghitung sendiri berapa pajak yang terutang dan harus dibayar. Untuk WP orang pribadi dengan omset atau peredaran kurang dari 1,8 Milyar (PMK nomor 01/PMK.03/2007 tentang Penyesuaian Besarnya Peredaran Bruto Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Boleh Menghitung Penghasilan Neto Dengan Menggunakan
Norma Penghitungan Penghasilan Neto) bisa memilih antara menggunakan pembukuan atau pencatatan.

Untuk metode pembukuan, maka WP orang pribadi harus mencatat layaknya sebuah perusahaan. Untuk metode pencatatan sifatnya lebih sederhana. Namun demikian pencatatan harus memuat setidaknya peredaran dan/atau penerimaan bruto yang diterima dari kegiatan usaha dan/atau pekerjaan bebas yang penghasilannya merupakan objek pajak yang tidak dikenai pajak bersifat final (PER-4/PJ/2009 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pencatatan Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi).

Konsekuensi dari penggunaan pencatatan adalah penghitungan penghasilannya menggunakan metode norma penghitungan penghasilan netto. Jadi dari total peredaran atau penerimaan bruto itu dikalikan dengan tarif normanya untuk mengetahui berapa penghasilan neto. Saat ini tarif norma diatur dalam KEP-536/PJ./2000.

Jadi untuk perhitungannya, misalkan penghasilan setahun adalah 18 juta, maka penghasilan neto dihitung dengan dikalikan norma. Misalkan norma untuk jenis pekerjaan itu adalah 50%, maka Penghasilan neto setahun adalah 9 juta. Penghasilan netto ini kemudian dikurangi dengan Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP). PTKP untuk wajib pajak tidak kawin (sesuai pasal 7 UU no 36 tahun 2008) adalah sebesar 15.840.000. karena PTKP lebih besar dari penghasilan netto, maka pajak yang harus dibayar adalah nihil (nol). Jadi anda cukup melaporkan SPT nihil dalam perhitungan SPT tahunan.

Jawaban di atas adalah opini pribadi penulis. Semoga membantu.

10 thoughts on “Tanya Jawab: Pajak Orang dengan Pekerjaan Bebas

  1. yang ingin saya tanyakan tentang pph pasal 22…
    apa kah rekanan wajib setor pajak pph pasal 22 atas pengadaan barang bahan kimia penjernih air untuk perusahaan daerah air minum (PDAM)…tolong berikan penjelasannya, tanks??

  2. Mau tanya kalau ada faktur pajak tapi di ppn nya tidak 10% dari dpp apakah faktur pajak tsb dianggap cacat dan menjadi tidak dpt dikreditkan? Di item2 yg dijual belikan ada unsur yg tidak dikenakan ppn, cth nya label edar pada botol dan uang jaminan botol pada minuman beralkohol.. Tks

  3. apakah PPh Pasal 25 berlaku pada WP yang tidak melakukan perkerjaan bebas dan/atau karyawan
    jika berlaku bagaimana cara perhitungannya, mengingat karyawan otomatis sudah dipotong PPh Pasal 21

  4. s a bad side to the popularity of digital
    content, and that. By doing so, you are reinforcing that negativity and attracting to yourself MORE.
    There are a couple of significant improvements made over Vista, and also for the most part,
    it’s merely a version of Vista that’s both stable and more user-friendly.

  5. Benar sekali dan itu sudah banyak yang melakukan pekerjaan diluar kantor seperti adsense google itu, namun dengan adanya penjelasan ini kita sedikit mengerti bagaimana yang seharusnya,

  6. In a release posted Monday, October 1, Anonymous hacktivists issued a listing
    of Swedish government websites to get targeted in retaliation to the raid by Swedish
    police. The 2002 movie The Count of Monte Cristo was actually filmed in Valletta and Vittoriosa as opposed to Marseille.

    Alexander, starring Colin Farrell, Anthony Hopkins and Angelina Jolie and directed
    by Oliver Stone included shots from Valletta’s Grand Harbour.

  7. akang dan teteh sadayana.
    saya ada pertanyaan tentang pajak untuk penghasilan atau keuntungan dari nilai penjualan barang sebagai berikut:
    saya pekerja lepas yang tidak tau berapa penghasilan saya perbulan atau pertahun, tetapi ada nilai yang saya dapatkan setiap transaksi.
    saya beli barang dari perusahaan lain sebesar 1.000.000(include PPN 10%) dan jual 1.350.000(Include PPN10%)dikurangi Biaya kirim 21.000 dan dikurangi 50.000 untuk transportasi, dan pembayaran dari klient sampai 3 bulan. berapa banyak pajak yang harus saya bayar? apakah ada pajak keuntungannya?
    terimakasih dan mohon penjelasannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s