Artikel Pajak Paling Banyak Ditanyakan


Setelah vacum cukup lama, hampir setengah tahun (karena kesibukan pekerjaan persiapan menikah, kini blog pajak indonesia siap hadir kembali untuk berbagi tulisan-tulisan mengenai perkembangan perpajakan di indonesia.

Hampir lama saya tidak membuka halaman admin blog pajak yang saya kelola ini. Ternyata beberapa bulan tidak dibuka banyak sekali pertanyaan seputar perpajakan yang masuk ke email dan juga melalui komentar artikel di blog pajak ini. Sekian ratus komentar masuk ke blog pajak ini dan juga via email saya.

Beberapa minggu yang lalu saya meng-approve semua pertanyaan yang masuk, terutama komentar di blog. Pertanyaan yang masuk ke blog bermacam-macam, mulai dari kategori yang mudah hingga kategori sulit yang mengharuskan saya untuk membuka-buka lagi peraturan yang terkait. Ada pula pertanyaan yang sifatnya pribadi dan ada juga yang bersifat konsultasi.

Anda ingin tahu materi/artikel perpajakan apa yang paling banyak ditanyakan oleh pengunjung??

Menempati urutan nomor satu paling banyak ditanyakan adalah seputar NPWP (nomor pokok wajib pajak). Mulai dari A-Z tentang NPWP. Mulai bagaimana cara membuat NPWP, syarat-syarat memperoleh NPWP, hingga pertanyaan apakah membuat NPWP itu harus mengeluarkan biaya. Pertanyaan seputar NPWP ini banyak muncul, terutama setelah adanya kebijakan sunset policy.

Pertanyaan berikutnya yang paling banyak ditanyakan adalah tentang SPT (surat pemberitahuan). Pertanyaan tentang apakah wajib menyampaikan SPT bagi pemilik NPWP merupakan hal yang paling banyak ditanyakan. Hal ini tidak terlepas dari kemungkinan banyaknya wajib pajak baru yang masih awam tentang SPT.

Menempati urutan ketiga adalah pertanyaan mengenai pajak penghasilan, terutama PPh OP (pajak penghasilan orang pribadi).

Saya selaku pemilik blog pajak ini mohon maaf apabila belum sempat menjawab semua pertanyaan yang masuk ke blog pajak ini dikarenakan kesibukan. Mudah-mudahan untuk ke depannya semua komentar dan pertanyaan dapat segera saya tanggapi.

5 thoughts on “Artikel Pajak Paling Banyak Ditanyakan

  1. Pak,saya mau tanya.Lebih kurang 5 thn lalu saya mencoba mendirikan cv(konstruksi).Dan sudah 2-3 x mengisi spt (nihil).setelah itu,karena suatu hal saya tdk aktif lg dicv.(sama sekali tdk melakukan kegiatan).Kira2 kalo saya aktifin kembali cv saya,apakah saya kena denda pajak..?Terimakasih.

  2. @ Gibran
    di dalam kasus perusahaan bapak, perusahaan tersebut telah terdaftar sebagai NPWP karena telah melaporkan SPT.. Walaupun CV itu tidak aktif selama NPWP itu belum dihapus maka kewajiban lapor SPT tetap harus dilakukan. Terkait perusahaan kemudian ternyata tidak melaporkan SPT lagi, maka denda yang jelas ada adalah denda tidak melaporkan SPT tahunan yaitu tahun pajak sebelum 2008 sebesar 100.000. Namun bisa juga jika ternyata perusahaan anda dilakukan pemeriksaan karena tidak melaporkan SPT dan kemudian ternyata perusahaan mempunyai penghasilan yg belum dilaporkan maka bisa jadi dikenai sanksi. semoga membantu

  3. Pak, saya mau tanya mengenai penghasilan pajak atas jasa dari luar negeri.

    Permasalahan nya adalah :
    Anggap saja prsh yg ada di KOREA mempunyai kontrak dengan POSCO (prsh kontraktor) Indonesia misalkan $10.000 untuk pembelian barang beserta perakitan, instal dan testnya.
    Tetapi karena pihak prsh KOREA tidak bisa melaksanakan perakitan sendiri, prsh KOREA membuat kontrak dengan perusahaan lokal A (agen jasa) sebesar $1.000 untuk perakitan, instal & testnya (tanpa pajak). Karena perusahaan lokal A (agen jasa) tidak bisa mengerjakan semuanya, perusahaan lokal A membuat kontak lagi dengan perusahaan lokal B (lokal dgn lokal).

    Pertanyaan nya :
    1. Pajak yang harus dibayarkan oleh perusahaan lokal A apa saja dan brp persentase nya?
    2. Pajak yang harus dibayarkan oleh KOREA apa saja dan brp persentasenya?

    Mohon penjelasan dari pak dudi, terima kasih banyak sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

