PPh 22 Impor Turun Tarif


PPh 22 impor merupakan pajak penghasilan yang dikenakan atas kegiatan impor. PPh 22 impor terdapat beberapa macam tarif. Khusus untuk importir yang menggunakan API (angka pengenal impor) tarif PPh 22 adalah sebesar 2,5% dan jika tidak menggunakan APi tarifnya adalah 7,5%.

Namun dengan berlakunya peraturan menteri keuangan nomor PMK 8/PMK.03/2008 tentang perubahan keempat atas keputusan menteri keuangan 254/KMK.03/2001 tentang penunjukan pemungut Pajak penghasilan pasal 22, sifat dan besarnya pungutan, serta tata cara penyetoran dan pelaporannya maka terhitung sejak tanggal 4 Pebruari 2008 untuk impor kedelai, gandum, dan tepung terigu oleh importir yang menggunakan angka pengenal impor (API) tarifnya diturunkan dari semula 2,5% menjadi 0,5% dari nilai impor. Sedangkan bagi importir yang tidak menggunakan APi besarnya pungutan atas PPh pasal 22 tetap 7,5%. Dasar pengenaannya adalah dari CIF (cost, insurance, dan freight) ditambah pungutan bea masuk dan pungutan lain sesuai dengan UU 10 tahun 1995 tentang Kepabeanan dan Cukai.

Kebijakan ini dilakukan oleh pemerintah dalam rangka mendukung program nasional pengamanan pengadaan kebutuhan dalam negeri berupa kedelai, gandum, dan tepung terigu.

Referensi:PMK nomor PMK 8/PMK.03/2008

One thought on “PPh 22 Impor Turun Tarif

  1. Bagaimana cara nya memberitahukan nomor NPWP kita dalam dokumen pengiriman barang impor, karena saya pernah langsung dihitung tarif 15% untuk PPh karena dianggap tidak memiliki NPWP

    Termia Kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s