Berapa Banyak Blog Pajak


Pengetahuan tentang pajak atau perpajakan sangat penting tidak hanya bagi pengusaha tapi juga orang pribadi. Hal ini disebabkan karena terkait dengan hak dan kewajiban perpajakannya. Bagaimana mereka bias melaksanakan hak dan kewajibannya kalau mereka tidak tahu dan paham tentang peraturan perpajakan. Tentu saja dibutuhkan usaha untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pajak. Hal ini merupakan tugas utama dari Direktorat Jenderal Pajak untuk melakukan sosialisasi tentang perpajakan.
Namun saya salut dengan orang-orang yang secara pribadi menurut saya ikut berperan dalam mendidik dan memberikan pemahaman masyarakat tentang perpajakan khususnya yang ada di Indonesia. Siapa mereka itu? Salah satunya adalah para blogger yang concern dengan perpajakan. Mereka secara sukarela menulis artikel artikel tentang pajak , memposting peraturan perpajakan terbaru, memberikan penjelasan, dan bahkan memberikan konsultasi melalui blognya. Kita harus acungi jempol terhadap orang-orang ini.
Iseng-iseng searching di google sebenarnya ada berapa banyak sih blog tentang pajak yang ada di Indonesia dan siapa pemiliknya. saya tertarik untuk mencarinya karena blog saya juga tentang pajak.. hehehe.. Let’s get it seriously..
Ada beberapa kata kunci yang saya ketik untuk mencari tahu informasi tentang blog pajak. Yang menjadi perhatian utama saya adalah blog pajak yang ditulis pribadi bukan oleh lembaga ataupun badan tertentu.

1. Blog pajak

Berdasarkan kata kunci ini maka di halaman 10 besar hasil pencarian google yang muncul adalah blog pajak milik Eko Iman Santoso (nomor 1), kemudian blog pajaknya Raden Suparman (nomor 2), blog Triyani (nomor 4) dan blog saya sendiri, blog Pajak Indonesia

(nomor 7). Lumayan seneng juga karena blog saya ini belum genap satu bulan saya launching tapi sudah masuk 10 besar google.

2. Artikel pajak

Untuk kata kunci ini praktis hanya blog Triyani yang berada di 10 besar pencarian google, sedangkan blog saya berada di layer kedua dari 10 besar hasil pencarian.

Sebenarnya masih banyak lagi kata kunci yang bisa kita gunakan untuk mengetahui blog pajak. Silakan anda coba-coba sendiri. Namun setidaknya kita tahu bahwa sekarang ini sudah banyak blog tentang pajak yang bisa memberikan informasi tentang perpajakan. Salah satu lagi yang belum tersebut adalah blog nya Dudi Wahyudi. Blog ini cukup lengkap dan kualitasnya sebanding dengan blog pajak Triyani. Namun saya tidak akan mengulas blog mereka. Mungkin dalam tulisan yang lain saya akan mengulas blog mereka. Sering-sering saja mengunjungi blog mereka untuk mendapatkan artikel dan peraturan terbaru perpajakan… 

8 thoughts on “Berapa Banyak Blog Pajak

  1. Saya rasa memang materi pajak di dunia maya ini masih sedikit. Semoga makin tambah blogger-blogger pajak yang baru sehingga pajak bisa lebih memasyarakat terutama di ranah maya ini.

  2. sepakat dengan Pak Dudi. menurut saya semakin banyak blog tentang pajak akan semakin memasyarakatkan pajak sehingga secara tidak langsung bisa meningkatkan kesadaran perpajakan.. mudah-mudahan.

  3. halah pakai diulas di sini eheheh.. thanks anyway🙂
    ternyata ada yang iseng googling buat test jg yahh.
    seneng jg makin banyak yang nulis tentang pajak.

  4. Salam kenal, maaf kalau ada yg butuh tenaga akunting frelance ( Bikin Lap Keuangan, Report Budget, Tax Planning, maupun SPT ) hub. 08151878011

Tinggalkan Balasan

