Tarif E-Filling


Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menyampaikan SPT adalah melalui internet atau yang lazimnya disebut dengan E-filling. SPT yang disampaikan melalui E-filling ini merupakan bentuk elektronik atau disebut juga dengan E-SPT. Sebelum bisa melakukan pengiriman SPT melalui E-filling wajib pajak terlebih dahulu harus melakukan permohonan kepada kantor pelayanan pajak setempat. Dengan E-Filling ini wajib pajak akan memperoleh kemudahan yaitu tidak harus datang ke KPP untuk menyampaikan SPT nya baik SPT masa maupun SPT tahunan.
Namun untuk dapat menggunakan aplikasi E-filling wajib pajak harus menggunakan jasa dari perusahaan perantara atau yang biasa disebut sebagai Application Service Provider (ASP). Melalui perusahaan inilah E-SPT wajib pajak akan disalurkan ke database direktorat jenderal pajak. Tentunya jasa ini tidak gratis. Wajib pajak harus membayar atas jasa penyampaian E-SPT ini kepada perusahaan ASP. Nah berapakah tarif jasa E-Filling ini??
Menurut informasi yang saya peroleh adalah sebagai berikut:

  1. Tarif efiling untuk setiap WP adalah sama dan tidak berdasarkan Hutang Pajaknya
  2. Setiap ASP mengenakan harga yang sama karena sudah ada asosiasi yang mengaturnya yaitu dengan perincian sbb :

  • Pendaftaran ( 1 x selamanya ) = Rp.50.000,-

  • Biaya keanggotaan / tahun = Rp.200.000 / tahun

  • Biaya Pengiriman data / submission = Rp. 40.000 / semua pasal / pengiriman tidak termasuk pembetulan

  • Untuk Cabang harganya Rp.9.000 / pasal

Oleh masing-masing ASP dikemas menjadi paket yang mudah di ikuti oleh WP tanpa melanggar skema tarif yang sudah ditetapkan bersama. E-Filing belum diwajibkan sampai sekarang ini, tetapi efiling akan mempermudah WP tanpa harus terikat dengan hari kerja, hari libu dan antri dalam melaporkan pajak perusahaan. ( KEP 05 / PJ / 2005 ).
Bagi perusahaan yang memiliki cabang dapat memanfaatkan fasilitas efiling untuk mendapatkan sarana pemusatan PPN karena dengan efiling otomatis pemusatan PPN diterima / disetujui tanpa ada pemeriksaan sederhana lapangan ( KEP 128 / PJ / 2003 )

6 thoughts on “Tarif E-Filling

  1. Coba lihat negara tetangga seperti singapur, mana ada yg mau bayar pajak malah dibebani dengan berbagai macam biaya dan kesulitan, bukannya pemerintah sudah menerima pajak yg luar biasa besarnya dibanding singapur sendiri.
    indonesia please wake up!!

  2. Setuju dengan comment di atas. Ya ampun.. Kita yang bayar pajak, hasil keringet kita disisihkan untuk negara, tapi teteeeeup aja dirempongin bukannya dimudahkan. Saya taat bayar pajak, tapi jujur, saya gak RIDHO bayarnya kalau gini caranya. Mudahkan, kami WP yang bayar pajak. Mana feed back kalian wahai para pelayan pajak?

  3. Itu bayarnya bukan ke Departemen Keuangan lo, itu biaya bayarnya ke ASP, kan mereka perusahaan swasta penyedia server, jd ya profit oriented, tp setuju kalo seandainya pajak bisa menyediakan server sendiri biar bisa gratis ga perlu lewat pihak ke 3

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s