jump to navigation

Persyaratan Memperoleh NPWP Mei 22, 2008

Posted by rizal in Pajak.
Tags: ,
trackback

Sesuai dengan artikel saya sebelumnya tentang bagaimana cara untuk memperoleh Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dalam tulisan saya ini akan saya uraikan mengenai syarat-syarat yang diperlukan untuk memperoleh NPWP. Di dalam tulisan ini anda mengetahui hal-hal apa saja, dokumen apa saja yang dibutuhkan dalam mengurus permohonan NPWP kepada kantor pelayanan pajak. Dengan mengetahui persyaratan maka diharapkan anda sudah dapat mempersiapkan hal-hal yang akan diminta oleh kantor pelayanan pajak ketika anda mengurus NPWP, sehingga akan memudahkan pekerjaan anda.

Persyaratan untuk memperoleh NPWP diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal Pajak PER-160/PJ./2007 Tentang Jangka Waktu Pendaftaran dan Pelaporan Kegiatan Usaha, Tata Cara Pendaftaran dan Penghapusan Nomor Pokok Wajib Pajak, serta Pengukuhan dan Pencabutan Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak. Jadi dalam peraturan ini mengatur mengenai NPWP dan pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (PKP). Untuk PKP akan dibahas dalam tulisan yang lain.

• Untuk Wajib Pajak Orang Pribadi yang tidak menjalankan usaha atau pekerjaan bebas
Usaha diartikan sebagai kegiatan usaha sebagaiman pengertian umum (common sense) sedangkan pekerjaan bebas adalah pekerjaan karena keahlian yang dimilikinya, misalnya seorang dokter, akuntan. Sehingga contoh dari wajib pajak yang tidak menjalankan usaha atau pekerjaan bebas adalah karyawan yang menerima gaji saja tanpa memiliki usaha. Jadi penghasilannya semata-mata adalah dari pemberi kerja.
Syarat yang diperlukan adalah:
1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk bagi Penduduk Indonesia, atau paspor
2. surat pernyataan tempat tinggal/domisili dari yang bersangkutan bagi orang asing

• Untuk Wajib Pajak Pribadi yang menjalankan usaha atau pekerjaan bebas
1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk bagi penduduk Indonesia,
2. atau paspor ditambah surat pernyataan tempat tinggal/domisili dari yang bersangkutan bagi orang asing (bentuk formulir sebagaimana dalam angka VII Lampiran I PER-160/PJ./2007).
3. Surat pernyataan tempat kegiatan usaha atau usaha pekerjaan bebas dari Wajib Pajak ( bentuk formulir sebagaimana dalam angka VI Lampiran I PER-160/PJ./2007).

• Untuk Wajib Pajak Badan
1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk bagi penduduk Indonesia,
2. atau paspor ditambah surat pernyataan tempat tinggal/domisili dari yang bersangkutan bagi orang asing (bentuk formulir sebagaimana dalam angka VII Lampiran I PER-160/PJ./2007) dari salah seorang pengurus efektif
3. Surat pernyataan tempat kegiatan usaha dari salah seorang pengurus aktif ( bentuk formulir sebagaimana dalam angka VI Lampiran I PER-160/PJ./2007).

• Untuk Joint Operation sebagai Wajib Pajak Pemungut/Pemotong
1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk bagi penduduk Indonesia,
2. atau paspor ditambah surat pernyataan tempat tinggal/domisili dari yang bersangkutan bagi orang asing formulir sebagaimana dalam angka VII Lampiran I PER-160/PJ./2007) dari salah seorang pengurus Joint Operation

Komentar»

1. Wawan - Agustus 15, 2008

Wah NPWP itu ternyata sangat penting yah, baik untuk pribadi (WP) maupun untuk negara. Saya ada pertanyaan, bagaimana orang seperti saya ini yang berprofesi sebagai Freelance writer di berbagai media nasional. Saya tidak memiliki ikatan apapun dengan tempat kerja saya. Namun, saya juga ingin memiliki NPWP karena dari pekerjaan yang saya lakukan itu saya memperoleh penghasilan. Dan bagaimana prosedur untuk memperoleh NPWP untuk orang seperti saya ini? Mohon penjelasannya.

Thanks.

2. SHILVIA - Desember 19, 2008

kalau persyaratan daftar npwp itu minimal penghasilan bruto perthn brp ya(co/ saya seorang karyawati)?

icalplus - Desember 19, 2008

Peraturan mengenai batas minimal penghasilan tidak kena pajak (PTKP) bisa dilihat di Undang-Undang Pajak Penghasilan yang peraturan pelaksanaannya adalah diatur dengan Peraturan Menteri Keuangan. Untuk tahun 2007 penghasilan tidak kena pajak adalah Rp 13.200.000 untuk setahun, dan mulai tahun 2009 PTKP adalah Rp 15.840.000

semoga membantu

3. Moses - Desember 31, 2008

Dear Pak Ical (Rizal),

Ijin bertanya Pak!
Menurut KUP ada angka 183 hari,Tenaga Kerja Asing (TKA) yang akan bekerja di Indonesia dan telah menanda tangani Mou bahwa ia akan bekerja lebih dari 1 tahun di Indonesia/Jakarta, pertanyaan saya :

1.sebelum 183 hari apakah TKA dapat memiliki NPWP?
2.dan sebelum 183 hari TKA tsb akan ke LN (keluar Indonesia) dan beberapa hari kemudian kembali ke Indonesia, sedangkan TKA belum memiliki NPWP apakah dia dikenakan fiskal Rp 2,5 juta ?
3. apa syarat syara t/dokumen yang harus dipenuhi untuk pengurusan NPWP?
4.apakah ada KPP khusus yang menangani atau tempat untuk mendaftarakan TKA tersebut, sedangkan dia akan tinggal di salah satu apartemen di Cilandak (KITTAS Cilandak)

Demikian, salam Pak Ical dan TQVM

4. Christine - Januari 7, 2009

saya mau tanya, apakah ada batasan pendapatan untuk membayar pajak? Apakah orang yang tidak mempunyai pendapatan, namun sudah di atas 17tahun, harus lapor NPWP? Apakah bisa dijelaskan lebih rinci lagi tentang pajak-pajak yang harus dibayar?

5. Rennata - Januari 7, 2009

Dikatakan bahwa orang perorangan yang berusia >21 tahun wajib memiliki NPWP.

Yang ingin saya tanyakan, dalam kasus : orang perorangan yang sudah berusia 21 thn, namun tidak memiliki penghasilan dan orang tersebut masih dibawah tanggungan orang tua.
Apakah orang perorangan tersebut perlu mendaftarkan diri ke KPP untuk memperoleh NPWP nya?

Jika ya, permohonan NPWP tersebut diajukan secara pribadi atas nama orang perorangan tersebut atau bisa bersama-sama orang tuanya?
Jika tidak, kapan saatnya orang tersebut perlu mendaftarkan dirinya? misal pada saat memiliki penghasilan (pekerjaan) atau lainnya.

Terimakasih.

6. Juliana - Februari 22, 2009

lalu bagaimana dg orang2 yg pendapatan nya dibawah rata2, dan itu tidak memungkinkan mrk memiliki NPWP…apakah mereka hrs membayar fiskal jg??

7. Kezia - Maret 20, 2009

Saya itu mahasiswa, usia 23 tahun. orangtua sya tidak punya NPWP, saya juga belum bekerja, tapi saya mulai depan akan sering bepergian ke luar negeri, bisa nggak saya buat NPWP biar FLN free, coz mahal sekali FLN sekarang.

mohon dijelaskan.

terimakasih

8. Vincent - Juni 26, 2009

mungkinkah ada kemungkinan di masing-masing kantor-kantor wilayah atau kantor-kantor cabang di tingkat kabupaten menerapkan persyaratan yang berbeda-beda?
Misalnya di luar foto copy KTP, diminta pula untuk lampirkan kontrak kerja (yang sangat confidential keberadaannya bagi setiap pribadi pekerja?). Bisa kasih penjelasan tentang ini? Salam dan terima kasih. Vincent

9. Petani Emas - Agustus 7, 2009

Saya mau buat NPWP , kira2 persyaratan untuk ke kantor pajak apa aja ya??saya pengusaha kecil, thanks

10. Lia - Maret 27, 2010

Siang Pak,
saya mau bertanya. saya baru membuat NPWP bulan feb kmrn. saya sdh bekerja tapi upah saya di bawah PTKP. apa saya harus membayar juga atau hanya lapor saja? kalau mau lapor bagaimana caranya ya?

Terima Kasih sebelumnya.

11. bodats - Mei 6, 2010

pak ical, kalo pekerja freelance bagaimana, dan masuk kategori apa saat pendaftaran di e-reg?
Lalu apakah benar harus melaporkan tiap bulan?
Thanks…

12. arta - November 11, 2010

bagaimana wajib pajak yg tidak menjalankan usaha /pegawai swasta yg sekaligus menjalankan usaha sendiri ?

13. Review Blog Selama 2010 « Catatan Seorang Tax Blogger - Januari 3, 2011

[...] Pertambahan Nilai (1)Pertanyaan Penghitungan PPh 21Pajak WartegPunya NPWP Apakah Harus Lapor SPT?? Persyaratan Memperoleh NPWPBerbicara Tentang KPR (Kredit Pemilikan Rumah)Tips Belajar Pajak dan Menjadi AhliBerapa [...]

14. A. Zulkarnain Ali - Maret 11, 2011

apakah boleh membuat NPWP karena mau melamar atau sebagai persyaratan lowongan kerja?

15. fifie - September 6, 2011

sore pak,
saya mau tanya sblumnya saya punya npwp dan pkrjaan yg memadai.
tp skrng pkrjaan saya pas pasan. itu apakah ada penagihan atau gimana?
jadi pusing sndiri bayar npwp nya.
thanx

16. andy - Oktober 16, 2011

saya mau nanya nih waktu itu kan di tempat ane usaha ada sensus pajak biasalah di sensus semua Counter nah puncak permasalahannya setelah disensus ane di beri formulir bwt di tanda tanganin ..ane gtw itu formulir apa tau nya itu formulir pendaftaran NPWP apa bisa ya di batalkan pendaftarannya? pendapatan ane perbulan gak jelas biasanya cuma 3 juta ke bawah blm potong sewa counter bayar listrik dan biaya hidup anak anak dan istri mohon penjelasannya bagi yang mengerti.ini penting bgt mohon bantuan nya

rizal - Januari 3, 2012

Sensus pajak adalah salah satu upaya untuk pengumpulan data bagi keperluan intensifikasi dan ekstensifikasi perpajakan. Data itu tentunya masih harus diolah lagi oleh KPP. Anda tidak perlu takut, apabila anda memang penghasilannya dibawah PTKP, maka kan SPT yang dilaporkan kan cukup nihil (nol).

17. sahrul - Februari 15, 2012

saya mau nanya apa boleh daftar jamsostek diluar alamat KTP..?
misalnya saya KTP saya di kab A trus sy mau daftar jamsostek di kab B gmana tu mas?

18. irwan w - April 18, 2013

Mohon informasi bagaimana cara dan syarat pembuatan npwp orang pribadi untuk tenaga kerja asing di indonesia.T Kasih


Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 354 pengikut lainnya.

