jump to navigation

Hak Wajib Pajak Dalam Pemeriksaan Pajak Mei 22, 2008

Posted by rizal in Pajak.
Tags:
trackback

System pemungutan pajak di Indonesia yang berlaku sejak tahun 1983 adalah self assessment. System ini menuntun wajib pajak untuk menghitung, memperhitungkan, membayar, dan melaporkan pajak yang dibayarnya. Sebagai salah satu bentuk pengawasan atas system self assessment ini adalah adanya pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas pajak (fiskus). Pada dasarnya pemeriksaan ini dilakukan untuk menguji kepatuhan pemenuhan kewajiban perpajakan wajib pajak dan untuk tujuan lain dalam rangka melaksanakan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.

Namun seringkali pendapat yang seringkali terlontar oleh wajib pajak adalah mereka merasa terintimadasi dan tertekan ketika mereka diperiksa oleh petugas pajak. Menurut pendapat saya, salah satu factor yang menyebabkan hal tersebut adalah adanya ketidaktahuan dan ketidakpahaman wajib pajak mengenai hak dan kewajibannya selama dilakukan pemeriksaan pajak. Akibatnya mereka merasa diperlakukan tidak adil. Berikut ini adalah beberapa hak wajib pajak ketika dilakukan pemeriksaan oleh petugas pajak. Diharapkan dengan mengetahui hak-haknya para wajib pajak dapat memperoleh keadilan dalam pemeriksaan pajak.
1. Dalam hal Pemeriksaan Lapangan, Wajib Pajak berhak meminta kepada Pemeriksa Pajak untuk memperlihatkan Surat Perintah Pemeriksaan dan Tanda Pengenal Pemeriksa
Wajib pajak jangan mau diperiksa kalau petugas pajak tidak dapat menunjukkan surat perintah pemeriksaan pajak. Itu sama saja dengan tindakan illegal. Dan apabila wajib pajak menjumpai hal tersebut ingat nama petugas pajak tersebut dan bias anda laporkan ke complain centre yang ada di Kantor Pelayanan Pajak. Begitu pula dengan tanda pengenal. Setiap pemeriksa pajak mempunyai tanda pengenal pemeriksa. Apabila ada petugas pajak yang akan melakukan pemeriksaan namun tidak dapat menunjukkan tanda pengenal pemeriksa maka anda berhak untuk menolak pemeriksaan.
2. Wajib Pajak berhak meminta kepada Pemeriksa Pajak untuk memberikan penjelasan tentang maksud dan tujuan pemeriksaan;
3. Wajib Pajak berhak meminta kepada Pemeriksa Pajak rincian yang berkenaan dengan hal-hal yang berbeda antara hasil pemeriksaan dengan Surat Pemberitahuan;
4. Dalam rangka Pembahasan Akhir Hasil Pemeriksaan, Pemeriksa Pajak wajib memberitahukan secara tertulis kepada Wajib Pajak tentang hasil pemeriksaan berupa hal-hal yang berbeda antara Surat Pemberitahuan dengan hasil pemeriksaan untuk ditanggapi Wajib Pajak.
Apabila pemeriksa pajak tidak memberitahukan secara tertulis hasil pemeriksaan itu maka atas Surat Ketetapan Pajak yang dikeluarkan berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut kita bias mengajukan pembatalan sebagaimana diatur dalam pasal 36 UU KUP 1984 sebagaimana terakhir diubah dengan UU nomor 28 tahun 2007.
5. Wajib Pajak berhak mengajukan permohonan pembahasan oleh Tim Pembahas dalam hal terdapat perbedaan antara pendapat Wajib Pajak dengan hasil pembahasan atas tanggapan Wajib Pajak oleh Tim Pemeriksa Pajak;

About these ads

Komentar»

1. gober - Juni 11, 2008

mohon bantuannya…saya membutuhkan referensi mengenai pemeriksaan pajak…apakah blog ini menyediakan hal tersebut???
terima kasih atas bantuannya…

2. nazar - Januari 9, 2009

mas apa perbedaan menghitung dan memperhitungkan
trims

3. dody - November 19, 2009

yang dimaksud menghitung adalah menghitung berapa pajak yang terutang, klo dlm PPh Badan Peredaran Bruto dikurangi biaya2 dst sampai dapat Penghasilan Neto terus dikali tarif pajak, itu namanya menghitung.
yang dimaksud memperhitungkan adalah memperhitungkan pajak berapa pajak yang masih harus dibayar, klo dalam PPh Badan adalah memperhitungkan kredit pajak (PPh 25, PPh23 dll), kompensasi kerugian atau fasilitas perpajakan lainnya, sehingga diperoleh nilai pahak yang masih harus dibayar.
Trims


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 364 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: