jump to navigation

Caranya Punya NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) Mei 21, 2008

Posted by rizal in Pajak.
Tags: ,
trackback

NPWP adalah nomor yang diberikan kepada WP sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban Wajib Pajak. Setiap wajib pajak akan memilik NPWP yang unik dan berbeda dengan wajib pajak yang lain. NPWP terdiri dari 15 digit. 8 digit pertama merupakan kode administrasi pajak, 1 check digit, 3 kode KPP, dan 3 kode cabang.

Untuk apa sih kita punya NPWP?? Yang jelas pertama karena NPWP adalah start awal dari semua hak dan kewajiban perpajakan wajib pajak. Jadi ketika akan membayar pajak dia mempunyai NPWP, mengajukan restitusi, pemindahbukuan, dll (itu sudah jelas). Kalo dilihat dari situ terlihat bahwa NPWP hanya untuk kepentingan pajak saja. Seolah-olah negara yang membutuhkan NPWP. Tapi jangan salah, NPWP sekarang ini tidak hanya untuk melaksanakan kewajiban pajak saja. NPWP sekarang ini juga menjadi salah satu syarat pengajuan kredit perbankan, terutama untuk badan. Ketika akan mengajukan kredit maka akan ditanya NPWP nya. Begitu pula untuk tender pengadaan yang dilaksanakan oleh pemerintah. Perusahaan-perusahaan yang ikut tender harus memiliki NPWP.. Nah terbayang kan bahwa NPWP itu penting.

Nah bagaimana caranya untuk mendapat NPWP ini?? begini caranya: Kita bisa mengajukan dengan cara datang langsung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat domisili atau lokasi usaha kita.
Kita mengajukan peromohonan dengan membawa syarat-syarat yang dibutuhkan. Apa saja syaratnya akan saya tulis dalam artikel berikutnya. Kita mengisi formulir yang sudah disediakan di tempat pelayanan terpadu di KPP.
Setelah formulir diisi dengan dilampiri syarat-syarat yang diperlukan maka dalam satu hari kerja NPWP itu sudah jadi. Jadi besoknya sudah bisa diambil.. Gampang banget kan!!
Dan satu lagi, untuk membuat NPWP GRATISS!! Tidak usah membayar..
Jangan mau kalau diminta untuk membayar oleh petugas.
Bagi anda yang sibuk dan tidak sempat datang ke KPP masih bisa membuat NPWP. Trus bagaimana caranya??? Begini… Kita bisa mendaftar lewat internet, atau istilah kerennya melalui e-Registration (e-Reg). Kita tinggal membuka situs DJP di http://www.pajak.go.id Di dalam menu utama pada menu aplikasi kita pilih E-registration. Dari situ kita tinggal mengikuti step-stepnya (gampang banget kok!!).. Dan kalau anda tidak mengerti disana juga disediakan petunjuk pemakaian e-Regestration. Tapi jangan lupa sebelum kita menggunakan aplikasi e-Registration kita harus punya account dulu di situs pajak. Jadi kita buat dulu account dengan cara daftar/register. Setelah itu kita login dan mulai mengisi formulir. Isi dengan lengkap, benar dan jelas. Setelah kita isi maka kita akan mendapatkan Surat Keterangan Terdaftar Sementara (SKTS). SKTS itu kita print dan dikirimkan kembali ke KPP yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal kita dengan dilengkapi dengan syarat-syarat yang dibutuhkan. Dokumen ini harus dikirim dalam waktu 30 hari. Kalo lewat dari 30 hari permohonan anda gugur dan harus membuat permohonan kembali. Setelah dokumen tersebut diterima oleh KPP, dalam satu hari kerja NPWP sudah jadi akan dikirim ke alamat anda.. gampang banget kan!!! kalo sulit APA KATA DUNIA!!!

About these ads

Komentar»

1. Persyaratan Memperoleh NPWP « pajak untuk kemandirian bangsa - Mei 22, 2008

[...] Posts Caranya Punya NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)AboutPenangguhan Pelunasan Pajak Akibat Pengajuan [...]

2. Ando - Juli 2, 2008

Saya mau tanya, sampai saat ini saya belum punya NPWP walaupun penghasilan saya per tahun sudah diatas ptkp. Selama ini pajak pph21 saya dipotong langsung oleh perusahaan, jumlah angkanya muncul di slip gaji setiap bulan. tetapi saya tidak pernah diberikan bukti setor pajak setiap tahunnya. Saya ingin punya NPWP dan ingin mengurusnya, pertanyaan saya:
1. di KPP mana saya akan membuat NPWP saya, mengingat domisili saya di Jakarta Timur sedangkan kantor saya di Jakarta selatan?
2. Bagaimana kewajiban saya setelah punya NPWP, apakah saya harus mengisi SPT masa dan tahunan?Bagaimana caranya?
3. Jika saya punya NPWP pada tengah tahun 2008 ini, apakah ada denda mengingat sebelumnya saya tidak punya NPWP?
4. Apa benar ada peraturan baru tahun 2009, bahwa yang punya NPWP akan bebas fiskal jika keluar negeri?

Terima kasih
Ando

3. icalplus - Juli 3, 2008

1. Bapak dapat membuat NPWP di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) yang domisilinya meliputi tempat tinggal bapak, jakarta timur

2. Setelah punya NPWP bapak harus menyampaikan SPT masa dan SPT tahunan. namun, demikian ada beberapa wajib pajak yang dikecualikan dari menyampaikan SPT. Silakan baca di artikel dalam blog ini.

3. Untuk tahun 2008, ada istilah sunset policy. Anda tidak akan dikenai denda jika mendaftarkan diri secara sukarela untuk memperoleh NPWP. baca artikel tentang sunset policy

4. Peraturan resminya setahu saya masih belum ada, kita tunggu saja.

4. aprilia - Juli 8, 2008

Saya mau tanya…Pajak saya di potong dari kantor setiap bulan dan saya adalah pegawai/ dosen honorer yang tidak punya gaji tetap (tapinsetiap dapat hoor pasti dipotong pajak pph21 5%. Dan saya juga sudah menikah, setahu saya wanita menikah tidak perlu NPWP karena ikut suami. Suami saya WN Jerman yang tidak bekerja di Indonesia tapi punya KITAS atas sponsor Isri ( KITAS sponsor istri tidak boleh bekerja di Indonesia). Yang mau saya tanyakan bagaimana NPWPnya karena pertama saya bukan pegawai tetap atau tidak terima gaji tiap bulan dan suami saya tidak bekerja di indonesia (tapi dia tinggal di Indonesia). Apa saya atau suami juga perlu NPWP????

5. icalplus - Juli 14, 2008

NPWP itu merupakan sarana untuk melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan. kewajiban untuk memiliki NPWP itu timbul karena seorang subyek pajak secara subyektif dan obyektif mempunyai kewajiban perpajakan. Ibu sudah mempunyai penghasilan berarti secara obyektif sudah memiliki kewajiban untuk memiliki NPWP. Istri bisa saja memiliki NPWP sendiri, namun untuk pelaporannya mengikuti suami. Untuk lebih jelasnya ibu bisa menghubungi Kantor Pelayanan Pajak yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal ibu. Disana terdapat help desk untuk membantu ibu mengenai pembuatan NPWP.

6. idbloghosting - Juli 18, 2008

wah…terimakasih sekali informasinya pak,akhirnya tahu juga caranya gimana biar bisa buat NPWP..Oh iya, pernah terpikirkan untuk punya blog dengan nama domain sendiri pak? sebagai referensi, bapak mungkin bisa mengunjungi idbloghosting.com untuk layanan blog dengan engine wordpress dengan nama domain sendiri..

7. ratih - Agustus 27, 2008

Boleh tanya ya, pak.. Bagaimana kalau sekarang saya sudah punya NPWP orang pribadi yang tidak menjalankan usaha karena saya hanya pekerja yang hanya menerima gaji saja, tapi ternyata bulan depan atau tahun depan saya tidak lagi mempunyai pekerjaan maupun usaha sendiri? Apakah akan ada semacam penangguhan pajak tertagih atau ada penghapusan tagihan pajak, atau bagaimana? Terima kasih sebelumnya…

8. icalplus - Agustus 27, 2008

@ Ratih

Punya NPWP itu tidak berarti harus membayar pajak mbak Ratih. NPWP itu hanyalah sarana administrasi dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya. Untuk pegawai yang hanya menerima gaji saja maka pajak anda sudah dipotong oleh perusahaan. Untuk pegawai yang penghasilannya di bawah 48 juta maka untuk SPT nya cukup dengan menggunakan SPT 1770 SS yang bentuk dan isinya sangat sederhana sekali..
dan jika ternyata di kemudian hari mbak Ratih ternyata sudah tidak mempunyai penghasilan ya dalam SPT nya dilaporkan NIHIL atau tidak ada pajak yang dibayar..
semoga membantu

9. ruben - September 12, 2008

Pak saya mau tanya, posting soal syarat2nya ada di mana ya? kalo kita uda pindah perusahaan (dan katakanlah penghasilan diatas 48 juta), apakah kita mesti minta form A1 (kalo ga salah) dari perusahaan lama kita? thanks before.

10. icalplus - September 12, 2008

Iya betul pak Ruben.. Form A1 dari perusahaan lama diminta untuk perhitungan PPh yang sudah dipotong.. Untuk peraturannya bisa dilihat di lampiran PER-15 tahun 2006… Untuk contoh perhitungannya bisa dilihat disana.

11. Boni - September 22, 2008

Mau tanya nih pak.
Pekerjaan saya penghasilannya berdasarkan komisi tiap bulannya tidak ada gaji sama sekali. setelah beberapa tahun berjalan ternyata pihak perusahaan menyatakan ada kesalahan perhitungan pemotongan pajak atas komisi2 saya tersebut dan akan dilakukan pemotongan atas komisi2 utk kesalahan sebelumnya. apakah ini mungkin pak? bukankah pemotongan atas komisi bentuknya final?
Satu lagi, utk NPWP kan berlaku 1 NPWP untuk 1 keluarga di Indonesia. Kalo kondisinya Istri saya yang sudah terlebih dahulu punya NPWP berarti aku tidak perlu buat NPWP dan laporan pajaknya satu dlm laporan pajak istri ?? Dan NPWP istri bisa berlaku utk bebas fiskal 1 keluarga kami?? Mohon Pencerahannya dalam soal NPWP, Terima kasih.

12. icalplus - September 25, 2008

@ Pak Boni
komisi merupakan salah satu penghasilan yang dipotong PPh 21 pak, sifatnya tidak final. Untuk kasus kekeliruan pemotongan itu bisa ditanyakan kepada bendahara di tempat kerja anda, dan hal itu mungkin saja bisa terjadi..

Untuk NPWP, Sistem pengenaan pajak berdasarkan Undang-Undang PPh menempatkan keluarga sebagai satu kesatuan ekonomis, artinya penghasilan atau kerugian dari seluruh anggota keluarga digabungkan sebagai satu kesatuan yang dikenai pajak dan pemenuhan kewajiban pajaknya dilakukan oleh kepala keluarga. Namun, dalam hal-hal tertentu pemenuhan kewajiban pajak tersebut dilakukan secara terpisah. jadi secara umum penghasilan istri digabung dengan penghasilan suami dengan menggunakan NPWP suami. namun seperti yang disebutkan diatas, bahwa dalam hal tertentu dapat saja suami dan istri masing-masing mempunyai NPWP sendiri-sendiri, misalnya jika ada perjanjian pemisahan harta.
semoga membantu…

13. ucupxp - Oktober 9, 2008

di perusahaan yg lama saya sudah dapat npwp tapi setelah pindah keperusahaan baru saya di minta npwp oleh hrd kebetulan sekali data npwp hilang. ada yg tahu tidak prosedur utk meminta npwp yg telah ada. saya sudah coba masuk kesitus resminya tapi tidak bisa
http://ereg.pajak.go.id/ereg/wp/Login.do

14. icalplus - Oktober 9, 2008

@ucupxp

sebaiknya bapak mengurusi aja di kantor pelayanan pajak tempat bapak dulu mendaftar untuk memperoleh NPWP.. Nanti bisa minta dicetakkan kartu NPWP yang baru.

15. indra - Oktober 14, 2008

Orang tua saya (ibu) berumur 78 tahun ingin membeli rumah atas nama dia sendiri, apakah masih harus mengurus NPWP lagi. Menurut notaris pembeli sekarang harus mempunyai NPWP. Dia sudah tidak bekerja dan berpenghasilan. Uang tersebut berasal dari tabungan dan warisan almarhum suami (ayah) saya.

16. icalplus - Oktober 14, 2008

Iya benar apa yang dikatakan notaris itu pak indra.. Sesuai dengan Sesuai PERATURAN DIREKTUR JENDERAL PAJAK NOMOR 35/PJ/2008 TENTANG KEWAJIBAN PEMILIKAN NOMOR POKOK WAJIB PAJAK DALAM RANGKA PENGALIHAN HAK ATAS TANAH DAN/ATAU BANGUNAN maka Atas pembayaran Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dengan menggunakan SSB yang disebabkan adanya pengalihan hak atas tanah dan/atau bangunan wajib dicantumkan NPWP yang dimilki Wajib Pajak yang bersangkutan. namun jika nilai transaksi pembelian rumahnya kurang dari 60 juta tidak wajib mempunyai NPWP.. jadi ya sebaiknya membuat NPWP terlebih dahulu.. Prosesnya gampang pak, sehari sudah jadi dan gratis tidak perlu biaya.

17. erwan - Oktober 21, 2008

tanya donk bos. saya sudah dapat NPWP, gratis :).
Terus selanjutnya ngapain ya? yg saya denger dari temen katanya dia tulis berapa pajak yg dibayar tiap bulan. kok saya nggak ada tulis soal jumlah pajak yg akan dibayar ya?
apa ada yang harus saya urus lagi setelah dapat NPWP?

18. andre - Oktober 27, 2008

Pak saya mau tanya,

Bagaimana untuk seorang yang penghasilannya tidak menentu? (saya bekerja secara freelance, penghasilan kurang lebih 25juta pertahun)
apakah yang harus diisi diformulirnya? apakah cukup ditulis dengan penghasilan pertahun, karena ada teman yang bilang kita harus melampirkan rekening serta aset yang ada (misalnya surat rumah)

19. bona - Oktober 31, 2008

Mas,
Numpang tanya, apakah Surat Edaran Dirjen Pajak No: SE-12/PJ.312/1990 Perlakuan Pph Terhadap Warga Negara Indonesia Yang Bekerja Pada Perwakilan Organisasi Internasional Di Indonesia masih berlaku? Bila sudah dicabut, boleh diberi referensi peraturannya? Atau bila malah dikukuhkan (dipertegas dikemudian hari), boleh lihat aturannya pula? Terima kasih Mas

Salam,
Bona

20. Hans - November 1, 2008

Pak, saya mau tanya….

Saya sudah bekerja selama 1 tahun 2 bulan di salah satu perusaahaan perbankan swasta. Status masih karyawan Outsourcing. Gaji Rp. 2.750.000,- all in… Belum dipotong jamsostek 2%. Ada asuransi yang dibayar kantor. Lalu saya juga memiliki asuransi pribadi dengan biaya Rp. 400.000,-/bulan. Nah, apakah saya wajib memiliki NPWP..? Lalu kalau ternyata kantor sudah membayar pajak untuk saya, bagaimana..? Terima kasih.

21. icalplus - November 14, 2008

@Erwan
pertanyaan dari bapak Erwan:
tanya donk bos. saya sudah dapat NPWP, gratis :).
Terus selanjutnya ngapain ya? yg saya denger dari temen katanya dia tulis berapa pajak yg dibayar tiap bulan. kok saya nggak ada tulis soal jumlah pajak yg akan dibayar ya?
apa ada yang harus saya urus lagi setelah dapat NPWP?

Jawaban:
sistem perpajakan kita menganut self assesment pak, artinya wajib pajak menghitung, memperhitungkan, menyetor, dan melaporkan pajaknya sendiri. NPWP hanyalah nomor yang diberikan kepada Wajib Pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.
jadi pajaknya tetap dihitung dan dibayar sendiri oleh pak Erwan. Kalau pak Erwan adalah karyawan maka pajaknya sudah dipotong oleh perusahaan/pemberi kerja, jadi hanya cukup melaporkan SPT tahunan saja. tetapi kalau pak Erwan mempunyai pekerjaan bebas/mempunyai usaha sendiri maka pak erwan harus membayar PPh 25 bulanan dan melapor SPT PPh masa dan tahunan.
Untuk lebih jelasnya dapat dibaca di artikel saya mengenai punya NPWP tidak harus lapor SPT..
semoga membantu.
salam

22. icalplus - November 14, 2008

@ Pak Andre
pertanyaan:
Bagaimana untuk seorang yang penghasilannya tidak menentu? (saya bekerja secara freelance, penghasilan kurang lebih 25juta pertahun)
apakah yang harus diisi diformulirnya? apakah cukup ditulis dengan penghasilan pertahun, karena ada teman yang bilang kita harus melampirkan rekening serta aset yang ada (misalnya surat rumah)
jawaban:
Prinsip dari PPh adalah pajak penghasilan dikenakan atas penghasilan. Penghasilan merupakan tambahan kemampuan ekonomis yang diterima atau diperoleh yang digunakan untuk menambah kekayaan atau untuk konsumsi.
Nah, dari pengertian ini penghasilan yang tidak menentu pun tetap dikenakan pajak penghasilan (PPh). nanti pajak ini harus dilaporkan dalam SPT PPh. SPT PPh ini ada beberapa jenis, ada SPT 1770SS, 1770S, dan 1770 tergantung dari pekerjaan dan penghasilannya. untuk lebih jelasnya bapak bisa meminta buku petunjuk pengisian SPT PPh di kantor pelayanan pajak tempat Pak Andre terdaftar.
trus untuk pengisian kekayaan/harta memang harus diisi. jadi nanti di SPT PPh itu terdapat kolom untuk pengisian harta/kekayaan yang dimiliki oleh pak andre.
semoga membantu
-salam-

23. icalplus - November 14, 2008

@Hans
pertanyaan:
Saya sudah bekerja selama 1 tahun 2 bulan di salah satu perusaahaan perbankan swasta. Status masih karyawan Outsourcing. Gaji Rp. 2.750.000,- all in… Belum dipotong jamsostek 2%. Ada asuransi yang dibayar kantor. Lalu saya juga memiliki asuransi pribadi dengan biaya Rp. 400.000,-/bulan. Nah, apakah saya wajib memiliki NPWP..? Lalu kalau ternyata kantor sudah membayar pajak untuk saya, bagaimana..? Terima kasih.

jawaban:
Penghasilan anda sudah melebihi PTKP (penghasilan tidak kena pajak, jadi sebaiknya membuat NPWP. Selain itu mulai tahun 2009 untuk karyawan yang bekerja di perusahaan tetapi tidak mempunyai NPWP maka akan dikenakan tarif PPh 20% lebih tinggi.
Sebagai karyawan tiap bulan dari penghasilan anda sudah dipotong pajaknya oleh perusahaan, oleh karena itu anda tidak perlu melaporkan SPT (surat pemberitahuan) masa. Anda nanti hanya memperhitungkan dan melaporkan SPT tahunan saja. Info tambahan: bahwa untuk asuransi yang anda bayar sendiri itu dapat dikurangkan dari penghasilan bersih untuk menghitung PPh nya. namun atas jamsostek atau asuransi yang dibayar perusahaan tidak boleh dikurangkan dari penghasilan bersihnya untuk menghitung PPh.
semoga membantu
-salam-

24. ayie_gt - November 14, 2008

untuk Bapak Andre, penghitungan detail mengenai besarnya PPh 21 yang dipotong dan harus dilaporkan (berhubung anda tidak menyebutkan secara spesifik jenis pekerjaan anda), mungkin dapat dilihat lebih detail dalam Lampiran Per-15/PJ/2006. Dapat diunduh via www. pajak.go.id, disana ada contoh kasus per kasus mengenai PETUNJUK PELAKSANAAN PEMOTONGAN, PENYETORAN DAN PELAPORAN PAJAK PENGHASILAN PASAL 21 DAN PASAL 26 SEHUBUNGAN DENGAN PEKERJAAN, JASA, DAN KEGIATAN ORANG PRIBADI.

Atau mungkin kalau Pak Ical sudah punya waktu luang, bs didownload via blog ini. Bagaimana bos ical?^^

25. Popo Haryadi - November 20, 2008

mau tanya, aku coba buat npwp melalui http://ereg.pajak.go.id/ereg/wp/Login.do disitu ada isian usaha/pekerjaan bebas, kemudian status usaha : cabang, tunggal,… karyawan yang tidak melakukan pekerjaan bebas. Sebagai karyawan perusahaan swasta aku harus memilih yang mana ? dibawahnya ada alamat usaha dll nya, jika aku melilih karyawan yang tidak…bebas, aku klik Daftar semua isian alamat usaha harus tetap diisi ? Mohon pencerahannya. Terima kasih sebelum dan sesudahnya.

26. icalplus - November 20, 2008

@ Popo
Apabila status saudara adalah pegawai swasta, maka untuk kolom status usaha, silakan pilih “KARYAWAN YANG TIDAK MELAKUKAN PEKERJAAN BEBAS”. Alamat tempat kegiatan usaha diisi dengan alamat kantor tempat anda bekerja, sedangkan jenis usaha diisikan secara manual “PEGAWAI SWASTA” pada kolom yang tersedia setelah anda meng-klik tanda berwarna biru di samping kolom Jenis Usaha/ Pekerjaan bebas. Dengan demikian, seharusnya anda nanti akan terdaftar di KPP sesuai dengan alamat domisili KTP anda. Namun, apabila pada Surat keterangan Terdaftar Sementara (SKTS) nanti ternyata anda terdaftar sesuai dengan alamat kedudukan kantor tempat anda bekerja, maka hal yang harus anda lakukan adalah masuk kembali ke dalam sistem e-reg dengan id yang sama, kemudian melakukan prosedur perubahan data dengan melakukan checklist pada kolom Alamat Tempat Kegiatan Usaha sehingga sama dengan alamat tempat tinggal/kedudukan saudara.

27. kubukansuperstar - November 24, 2008

klo daftar npwp pake e-reg cara gimana pak?

28. soter - November 27, 2008

Mohon bantuannya,

saya sudah daftar melalui e-reg, karena belum meng-klik tanda berwarna biru di samping kolom Jenis Usaha/ Pekerjaan bebas, pph yang dikenakan pph 25, padahal maksudnya adalah pph pribadi pegawai swasta.

sudah saya edit, tapi tetap saja pph yang dikenakan pph 25.

terima kasih sebelumnya.

29. soter - November 28, 2008

Tambahan lagi, perusahaan tempat kerja saya belum PKP, tapi saya inisiatif ingin punya NPWP, jadi pph yang dikenakan pasal berapa?

30. BamZ1 - Desember 5, 2008

mo tanya pa???
sya sudah coba daftar NPWP lewat ereg dan menurut bapa juga harus mengrimkan surat dan formulir sementaranya beserta kelengkapan…bolehkan sya tahu kelengkapan apa sja yang sya perlukan … mohon pencerahanny …

31. BamZ1 - Desember 5, 2008

tambahan lagi pak…menurut panduan ereg yang sya baca…untuk: Wajib Pajak OP yang tidak menjalankan usaha atau pekerjaan bebas:
- Fotokopy KTP atau Identitas Lainnya (sya mengerti)
- Surat Keterangan tempat tinggal dari instansi yang berwenang (yang ini sya tidak mengerti surat apa yang di butuhkan dan dari instansi mana pak)… terima kasih sesudah dan sebelumny

32. ayie_gt & tovic - Desember 9, 2008

@kubukansuperstar
daftar via e-reg, cukup klik masuk ke http://www.pajak.go.id, pilih menu e-registration NPWP, lalu ikuti petunjuk yg ada. Setelah dapat nomornya, bpk print Surat Keterangan Terdaftar Sementara-SKTS. Sesegera mungkin (maks. 30 hari), bapak wajib mengirimkan fotokopi KTP&SKTS tsb ke KPP tempat bapak terdaftar, bisa datang langsung atau via pos

@soter
bpk bs mengajukan perubahan data di kpp domisili dengan membuat surat permohonan perubahan status kewajiban perpajakan. Sebagai bukti, mungkin bpk bs melampirkan kartu pegawai dari pemberi kerja bpk atau kontrak kerja dgn perusahaan atau surat pernyataan sebagai pekerja dr kantor bpk , atau doumen apapun yg bs menunjukkan bpk bekerja pd pemberi kerja tsb.

PKP itu u/ kewajiban PPN perusahaan/ entitas yg memang mengajukan permohonan sbg PKP pak. Jadi tidak ada pengaruhnya ke status kewajiban perpajakan karyawan. Pemberi kerja PKP atau bukan, apabila penghasilan bapak HANYA berasal dari pemberi kerja (tidak punya usaha bebas/sampingan lain), ya kewajibannya hanya PPh pasal 29 Orang Pribadi.

@BamZ1
Panduan e-reg yg mana ya pak? setahu saya, selama ini klo daftar via e-reg cukup membawa:
-Fotokopi KTP
-Surat Keterangan Terdaftar Sementara (SKTS), produk keluaran yang bpk print saat daftar e-reg. SKTS ini wajib karena petugas KPP membutuhkan data KODE APLIKSI dalam surat tersebut. NPWP bpk tidak akan aktif/ terdaftar dalam Master File Perpajakan sampai Kode Aplikasi tersebut diinput oleh petugas KPP Domisili.

regards

33. loly - Desember 15, 2008

saya mahasiswa umur 21 thn, belum bekerja…..ada 3 pertanyaan nih, mohon dibantu ya..
1. apakah saya wajib punya npwp?
2. sehubungan dgn peraturan bebas fiskal bagi pemegang npwp, apakah saya masih bisa ikut npwp ayah?
3. kalau saya mau buat npwp secara online, apa yg harus diisi pada identitas umum mengenai usaha/pekerjaan bebas?

Mohon petunjuknya…Thx

34. icalplus - Desember 15, 2008

yth ariesty

pada dasarnya sebagai warganegara indonesia ariesty termasuk subjek pajak. Status ini akan berubah menjadi wajib pajak jika ariesty mempunyai penghasilan. Atas penghasilan tersebut anda harus menghitung, membayar, dan melaporkan pajak anda. Namun, hal ini tergantung keadaan anda. kalaupun anda masih berstatus sebagai mahasiswa namun mempunyai penghasilan, misalnya dari kerja part time ada baiknya anda membuat npwp. tetapi jika memang murni sebagai mahasiswa yang tidak mempunyai penghasilan sama sekali tidak wajib untuk membuat npwp. sebagai tambahan untuk tahun 2009 bagi yang mempunyai npwp jika bepergian ke luar negeri maka dia akan dibebaskan dari pembayaran fiskal luar negeri.

semoga membantu..

35. sin - Desember 16, 2008

mau tanya ni pak… saya telah nikah ke luar negri tapi masi memengang paspor, apakah saya mesti bayar fiskal atau mesti buat NPWP ? sedangkan saya bertempat tinggal di luar negri dan pulang ke indonesia hanya melihat ortu.

terimakasih ditunggu jawabanya.

icalplus - Desember 22, 2008

Untuk bapak Sin
Di dalam peraturan Undang-Undang PPh yang baru nomor 36 tahun 2008 disebutkan bahwa bagi orang pribadi yang mempunyai NPWP mendapat pembebasan fiskal. namun jika tidak mempunyai NPWP maka justru fiskal yang dikenakan lebih tinggi. Jadi apabila bapak adalah WNI (warga negara indonesia) sebaiknya membuat NPWP sehingga anda tidak perlu membayar fiskal luar negeri.

semoga membantu

36. romdi - Desember 17, 2008

saya mau tanya mengenai pembuatan NPWP, sebelumnya saya jelaskan latar belakang saya.
saya sudah bekerja sebagai karyawan thn 2005 (baru lulus kuliah S1) dan resign tahun 2007, kemudian saya ganti profesi sebagai guru
hanya selama 5 bulan dan resign tahun 2008, lalu saya bekerja lagi di sebuah pt kecil hanya 3 bulan dan sekarang ini saya menganggur.
sementara menunggu pekerjaan cocok saya melakukan kerjaan freelance desain grafis (mendesain brosur, undangan, website) ,
pertanyaan saya :

1. pekerjaan apa yang harus saya isi pada formulir permohonan NPWP, begitu pula untuk keterangan tempat kegiatan usaha, karena
sekarang saya tidak ada pekerjaan tetap dan freelance mengerjakan kerjaan saya kadang di rumah atau di rumah yagn menghonori saya
2. bila sudah mendapatkan NPWP langkah apalagi yang harus saya lakukan, apakah saya harus isi SPT saat itu jgua, kemudian utnuk
pengisian SPT harus saya isi mulai tahun berapa? apa sejak saya mulai bekerja (2005) atau dimulai dari sekarang.
trims, mohon jawaban dan informasinya.

icalplus - Desember 22, 2008

Untuk pak Romdi
1) NPWP itu diwajibkan jika penghasilan anda sudah melebihi batas PTKP (penghasilan tidak kena pajak).Selama anda memperoleh imbalan berkenaan dengan pekerjaan atau jasa maka anda di wajibkan untuk memiliki NPWP. Batas PTKP untuk tahun 2008 sebesar 13.200.000 dan menjadi 15.840.000 di thn 2009.
Mengenai jenis pekerjaan anda yang tdk permanen, tergantung apabila ada job atau tidak tidak terlalu menjadi soal yg jelas bahwa akumulasi penghasilan 1 tahun melebihi PTKP yg di tetapkan.
Dan untuk Jenis Usaha bisa diisi karyawan saja.

2) NPWP adalah sarana administratif untuk keperluan perpajakan. Setelah mendapat NPWP maka anda harus melaporkan pajak yang telah anda bayar. Jika anda sebagai karyawan yang PPh nya telah dipotong setiap bulan maka anda cukup melaporkan SPT tahunan PPh orang pribadi saja. Namun jika anda adalah seorang pengusaha/ melakukan pekerjaan bebas juga harus melaporkan SPT PPh masa. Saran saya anda cukup membuat perhitungan PPh tahunan, kemudian hitung, dan laporkan di SPT tahunan PPh orang pribadi.

3) di dalam pasal 2 ayat 4a undang-undang KUP (ketentuan umum perpajakan) nomor 28 tahun 2007 disebutkan bahwa Kewajiban perpajakan bagi Wajib Pajak yang diterbitkan Nomor Pokok Wajib Pajak dan/atau ang dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak secara jabatan sebagaimana dimaksud pada ayat (4) dimulai sejak saat Wajib Pajak memenuhi persyaratan subjektif dan objektif sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan, paling lama 5 (lima) tahun sebelum diterbitkannya Nomor Pokok Wajib Pajak dan/atau dikukuhkannya sebagai Pengusaha Kena Pajak. Untuk lebih jelasnya anda sebaiknya berkonsultasi dengan Account Representatives yang ada di kantor pelayanan pajak tempat anda terdaftar.

Semoga bisa membantu.

37. Jerry Jacob - Desember 20, 2008

Saya ada pertanyaan, yang mau saya tanya adalah bahwa saya baru saja lulus kuliah dan belum mempunyai pekerjaan. apakah bisa bila saya ingin membuat NPWP sebelum mempunyai pekerjaan dan apabila bisa bagaimana prosedurnya?

Mohon Informasinya

icalplus - Desember 22, 2008

Untuk Mas jerry, anda bisa membuat npwp dengan beberapa cara. Bisa melalui internet dengan e-Registration, bisa daftar melalui mobil keliling, atau bisa langsung datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal Mas jerry. Di KPP terdapat petugas help desk yang akan membantu, mas Jerry bisa berkonsultasi disana.

38. aimee malik - Desember 23, 2008

Mau tanya lokasi pojok pajak kok ga bs ya? Kring pajak tdk bs dihubungi. Ada yg tahu lokasi pojok pajak saat ini dimana?

39. Ivan - Desember 23, 2008

Sore pak,
saya ada pertanyaan seputar dngn tabungan. Dengan memiliki NPWP, apakah berarti jg data keuangan yg ada di tabungan kita menjadi transparan? dan berarti jg penghasilan pada tahun2 sebelum kita mempunyai NPWP akan dipermasalahkan apabila kita tidak melaporkannya (berdasarkan data tabungan). Adakah batasan waktu utk membuat NPWP? Terima kasih.

40. akuorangbiasa - Desember 24, 2008

maaf sebelumnya, yang dikatakan wajib pajak itu siapa saja?? apakah yang sudah bekerja saja? biasanya yang sudah berpa tahun? apakah yang baru bekerja juga harus mendaftar? trimakasih

41. Bernadette - Desember 30, 2008

Pagi Pak,

Saya ibu rumah tangga berusia 60th. Pendapatan saya hanya dari pensiun alm suami saya, yaitu sebesar Rp900rb/bulan. Aset saya yaitu rumah overvb (rumah ABRI) senilai kira-kira Rp175juta. Apakah saya boleh atau wajib mempunyai npwp? Terima kasih pak

icalplus - Desember 30, 2008

@ Ibu Bernadette
Ibu boleh saja membuat NPWP untuk keperluan perpajakan ibu. Namun melihat penghasilan yang ibu terima dari hasil pensiunan jumlahnya tidak melebihi batas PTKP (penghasilan tidak kena pajak) sehingga sebenarnya ibu tidak wajib untuk membuat NPWP. Namun apabila ibu masih menerima penghasilan lain selain dari pensiun yang jumlahnya melebihi PTKP per bulan (Rp1.320.000) maka ibu sebaiknya membuat npwp

42. riswanto - Januari 2, 2009

Salam Pak

Berikut adalah kondisi saya:
1. Saya berusia 22 tahun, mahasiswa di Universitas Indonesia, Depok, dan berencana akan keluar negeri untuk kuliah master tahun depan dengan beasiswa yang tidak menanggung fiskal, visa, paspor, dll.

2. Saya berasal dari Riau dan memegang KTP Riau. Saat ini kost di daerah Depok.

3. Saya bekerja paruh waktu sebagai guru les anak SMA.

Pertanyaan saya:
1. APakah saya dapat membuat NPWP di Depok?

2. Alamat kedudukan saya apakah alamat Kost? atau alamat sesuai KTP yang di Riau?

3. Apa yang harus saya isi dibagian STATUS USAHA? orang pribadi tertentu, tunggal, atau karyawan yang tidak melakukan pekerjaan bebas???? Trus alamatnya pekerjaan bebas bagaimana???

Mohon Pencerahannya, saya sangat membutuhkan informasi ini karena bila harus membayar NPWP yang 3 juta itu, saya sangat berat karna status saya yang masih mahasiswa dan harus menutupi biaya yang tidak ditanggungkan oleh lembaga pemberi beasswa tersebut. terima kasih atas jawabannya, dan bila berkenan mohon kirimkan jawabannya lewat email saya. Maaf bila banyak maunya. Terima kasih sekali lagi ya pak…

43. Dimaz - Januari 8, 2009

Saya waktu itu registrasi NPWP Online. Sekarang status sudah Aktif & bisa print SKT (bukan SKTS lagi) tapi sampai sekarang saya belum menerima kartu NPWP (di web disebut akan dikirim via Pos).

Apakah NPWP saya sudah bisa digunakan?Apabila saya datang ke KPP dan minta kartu NPWP baru, bisa tidak?kena biaya?

Trims

44. Dody - Januari 10, 2009

Pak, mau tanya, saya dan istri sudah terdaftar di ereg, dan sudah memperoleh NPWP pribadi.
Sekarang saya ingin mendaftarkan perusahaan saya, supaya dapat NPWP perusahaan.

Apakah bisa didaftarkan online juga?
Kalo bisa, apakah perlu bikin account baru? Atau cukup pake account waktu bikin npwp pribadi?
Kalo pake account lama, settingnya di mana? Saya koq ga nemu ya?

makasih banyak sebelumnya.

45. herman - Januari 21, 2009

Mas Icalplus, tanya nih. Saya umur 27th, dan sekarang tidak bekerja. saya asli dari Medan dan saat ini nge-kos di Jakarta. Jika saya hendak mendaftarkan NPWP lewat internet, status usaha apa yg mesti saya pilih? dan apakah saya mesti mendaftarkan formulir ke KPP yang tertera di KPP Medan? bisakah kita mengurus nya di KPP Jakarta? dan jika bisa, dimanakah KPP terdekat dari Grogol. mohon bantuannya. Trims…

46. evelyn - Januari 25, 2009

Selamat Sore,

Mau tanya Bapak/ ibu:
1. Jika saya mempunyai pendapatan dari sewa rumah yg pertahunnya hanya 4juta, apakah perlu memiliki NPWP ?
2. Jika saya mempunyai NPWP apakah saya perlu menyampaikan SPT tahunan ? (jika tidak, apakah saya perlu pemberitahuan tertulis kepada KPP ?)
3. Apakah pendaftaran NPWP itu ada batas akhir pendaftaran ?
4. Apakah setiap Warga negara Indonesia wajib memiliki NPWP ?

Terima kasih sebelumnya
Evelyn

47. upe - Januari 28, 2009

mau nanya nih,,kalo pojok pajak ato mobil pajak keliling di mana aja ya saya bisa jumpai?????

48. erwin - Februari 11, 2009

pak saya punya ayah yang sudah berumur 60 tahun lebih, dia sudah tidak bekerja lagi. apakah beliau juga harus mempunyai wajib pajak?

49. erwin - Februari 11, 2009

menyambung pertanyaan saya, apakah beliau(ayah saya ayng umur 60tahun lebih) wajib mempunyai NPWP? beliau juga memiliki sebuah rumah, dan setiap tahun membayar PBB atas rumah tersebut, apakah harus melakukan prosedur sunset policy juga? apakah ada efeknya apabila ayah saya tidak memiliki NPWP, tapi membayar pajak seperti PBB tersebut. terimakasih

50. doy - Februari 13, 2009

Pak, saya mau tanya nih
Ini masalah komisi untuk penjualan kendaraan, yang berhubungan dengan NPWP.
Saya punya masalah mengenai pemotongan pph 21 komisi tersebut. Bila saya menerima komisi sebesar Rp. 1 juta, tentu pph 21 yang dipotong sebesar 5% x Rp. 1.000.000,- = Rp. 50.000,- ini utk yang memiliki NPWP.
Bagaimana utk yang tidak memiliki NPWP, bagaimana perhitungannya ?
Terima kasih atas perhatiannya

51. idris - Februari 16, 2009

Saya baru saja diterima bekerja di sebuah perusahaan, kemudian saya diwajibkan untuk membuat NPWP, sedangkan saya mulai bkerja pada 2 maret 2009.. yang ingin saya tanyakan adalah :
1. Apa saja persyaratan untuk membuat NPWP tersebut?
2. Apa bisa saya membuat NPWP sedangkan saya saat ini belum memiliki penghasilah yang tetap, karena saya baru mulai bekerja bulan depan?
terimakasih atas bantuannya.

52. Beny - Februari 18, 2009

Pak saya ma tanya,
saya sdh kerja lbh dari 5 th, walaupun di perusahaan yg berbeda, selama 5 th itu, gaji saya selalu dipotong pajak oleh perusahaan dan saya tidak prnh dpt no NPWP, dan sekarang saya mau membuat NPWP, tetapi saya tdk mempunyai lokasi perushaan karena saya hanya pekerja kontrak, apa yg msti saya input pada registrasi online untuk kolom jenis usaha / oekerjaan bebas, karena saya bingung untuk mengisi nya

thx atas info nya

53. arief - Februari 28, 2009

kalo mahasiswa KLU nya gimana pak? makasih

54. Ari Binuko - April 11, 2009

Pak, mau tanya :

1. Usia berapa sampai berapa yang wajib mempunyai NPWP?
2. Pensiunan pegawai haruskah diwajibkan mempunyai NPWP?
3. Siapa saja kiranya yang wajib memiliki NPWP?

Terimakasih.

55. nova - April 26, 2009

mau tanya pak, saya seorang karyawan tapi knpa saya kena pajaknya pph pasal 25 ya pak bukan pasal 21?
waktu itu saya daftarnya online….

56. Harry - April 30, 2009

Dear Expert,
Misalkan seorang pegawai tetap tidak punya NPWP sejak awal tahun 2009, maka PPh 21 pegawai tsb akan dihitung dengan tarif lebih tinggi 20%. Lalu pada bulan Oktober 2009 pegawai tsb punya NPWP, bagaimana perhitungan PPh 21 atas pegawai tsb ? Apakah seluruh penghasilan dari awal tahun akan dihitung ulang dengan tarif normal ? Apakah status punya NPWP atau tidak berdasarkan status
di awal tahun pajak seperti halnya status PTKP ?

Regards,
Harry Poernomo

57. jerry andriano@ymail.com - Juni 13, 2009

pak kenapa saya dipersulit dalam pembuatan npwp mesti pake surat rekombinasi dr perusahan saya sampai capek datang kekantor pajak temapatnya di kpp tanjung mulia medan belawan..
petugas nya buat saya pusing dan capek mohon ditegor

58. ochy - Agustus 27, 2009

pak, saya mau tanya, saat ini sy sdh menjadi PNS di propinsi Maluku tetapi skr sy sementara melanjutkan studi S2 di Surabaya, apakah sy bs mengurus NPWP di surabaya atau tidak? terima kasih

Balas…

59. prapto - September 2, 2009

salam pak,

Kita kerja diluar negri terus mau buat NPWP,

1.Gimana caranya dan apa yang harus dilampirkan?
2.Melalui on-lin apa bisa?

60. yeni indah sari - Januari 4, 2010

salam pak

saya mau tanya, saya baru tinggal di medan< dan saya ingin membuat npwp di medan, tapi saya belom mempunyai ktp di temp[at saya tinggal, bisakah saya membuat npwp dan mengurus nya di medan dengan mengunaKAN KTP DEPOK.

61. Nano - Maret 4, 2010

Salam Pak

Saya mau tanya, klasifikasi pada npwp pada digit ke 9 ( chek digit ) itu apa saja? Apa ada kaitan dengan jenis pajak yg hrs dibayar?

62. Rendra - Maret 17, 2010

salam pak,

saya kerja dijakarta terus mau buat NPWP,tetapi KTP saya masih KTP daerah blum KTP jakarta apakah bisa saya buat NPWP di jakarta?

63. Indra - Maret 19, 2010

Mas Rizal yang terhormat,
Saya seorang programmer yang bekerja untuk perusahaan malaysia secara kontrak dan perusahaan tersebut tidak mempunyai cabang di Indonesia. Namun demikian saya berdomisili di Indonesia. Setiap bulan saya mendapat gaji saya lewat transfer bank. Saya ingin mengetahui bagaimana cara perhitungan pajak yang harus saya bayar.

Terima kasih sebelumnya.

64. rizal - Maret 22, 2010

@Yeni.. Pada dasarnya untuk pembuatan NPWP orang pribadi syarat yang diperlukan adalah KTP. Namun dalam hal anda belum mempunyai KTP, maka anda bisa mengajukan pembuatan NPWP di medan dengan membawa surat keterangan domisili di medan.

@ Indra:
Pada dasarnya untuk menghitung pajak yang harus dibayar tidaklah sulit. Perhitungan pajak yang harus dibayar ini disampaikan dalam format Surat Pemberitahuan atau SPT.

Untuk karyawan yang bekerja biasanya atas penghasilannya sudah dipotong PPh (pajak penghasilan) oleh perusahaan. Dengan demikian apabila ia hanya bekerja sebagai karyawan dan tidak memperoleh penghasilan lain maka cukup melaporkan SPT Nihil dengan melampirkan bukti potongnya.

Nah, untuk kasus bapak yang memperoleh penghasilan dari luar negeri akan terkait dengan prinsip pajak penghasilan yang menganut asal worldwide income. Dalam artian anda sebagai WP dalam negeri akan dikenai pajak penghasilan untuk penghasilan yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri. Untuk perhitungannya, secara simple dan sederhananya anda tinggal menjumlahkan total penghasilan yang di dapat baik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri. Nanti dikurangi dengan penghasilan tidak kena pajak (PTKP). Penghasilan setelah dikurangi PTKP ini kemudian dikalikan tarif progresif pasal 17 Undang-Undang PPh (UU 36 tahun 2008). Maka akan diperoleh pajak yang masih harus dibayar. PPh yang masih harus dibayar ini kemudian dikurangi dengan pajak yang telah dipotong oleh perusahaan pemberi penghasilan atau pajak yang telah dibayar (kredit pajak).Apabila setelah dikurangi kredit pajak ini ternyata masih selisih, maka atas selisihnya inilah pajak yang harus dibayar dalam SPT tahunan. Khusus untuk kredit pajak dari penghasilan luar negeri terdapat mekanisme penghitungan tersendiri yang agak panjang penjelasannya. Sebagai referensi bisa dibaca pasal 24 UU PPh. semoga sedikit penjelasan ini bisa membantu

Indra - Maret 24, 2010

Mas Rizal,
Terima kasih banyak atas penjelasannya.

Salam.

65. Lia - Maret 23, 2010

Saya mau tanya, kalau pekerjaan saya sebagai programme freelance apa yg harus saya pilih untuk status usaha? orang pribadi tertentu atau karyawan yang tidak melakukan pekerjaan bebas?
kalau orang pribadi tertentu, saya musti isi npwp domisili dengan no npwp siapa?

Mohon pencerahan, terima kasih…

66. doni - April 19, 2010

salam kenal pak rizal . blog yg sangat bermanfaat

bagaimana prosedur mendaftarkan karyawan ( +/- 20 ), apakah cukup dengan memberikan surat permohonan dari perusahaan untuk KPP dengan menyertakan fotocopy KTP tiap karayawan

terima kasih sebelumnya

67. cardo - April 22, 2010

Mas Rizal

saya seorang karyawan swasta
saya bikin npwp lewat e-reg, tapi knpa saya kena pajaknya pph pasal 25 ya bukan pasal 21?
trims

68. andre - Mei 30, 2010

dear pak rizal,
status saya lajang dan sekarang tidak bekerja, hanya sekarang sedang mengambil program master di salah satu perguruan tinggi d jakarta. belum punya npwp, krn dulunya pajak penghasilan dibayarkan oleh perusahaan.
yg ingin saya tanyakan :
1. apakah jika saya membuat npwp saat ini akan d kenakan denda keterlambatan pembuatan npwp?
2. apa yg harus di pilih, berkaitan dengan pendaftaran on line :
– IDENTITAS UMUM
+ status Usaha/Pekerjaan Bebas Status Usaha *
+ Status Sebagai PKP (Pengusaha Kena Pajak)

3. kira2 berapa lama kartu npwp dapat saya terima jika menggunakan on line registration?

demikian, terimakasih.

69. Putri - Juli 11, 2010

Mau nanya nech…saya karyawan swasta biasa,, yg hanya mempunyai gaji dibawah 2jt,, yg mau saya tanya, apakah saya sudah bisa membuat NPWP, karena saya akan berkunjung ke luar negeri..sedangkan untuk berpergian keluar negeri dalam jangaka waktu yang lama memerlukan Visa dan pembuatan Visa memerlukan NPWP,,??? Terima kasih sebelumnya..^_^

70. RIDWAN MELBA - Juli 18, 2010

Pak saya mau tanya…saya adalah seorang yang bekerja dan mendapatkan penghasilan dari usaha sendiri, usaha yang saya jalani sekarang adalah rental komputer dan cetak foto, kalau dihitung penghasilan saya perbulan kira-kira Rp. 2.000.000 sampai 3.000.000,-. apakah saya bisa untuk mendaftar NPWP dan kalau bisa apa syarat-syaratnya? sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak atas bantuannya.

71. romulo nadeak - Agustus 1, 2010

pak, saya mau bertanya???
yang dimaksud dengan pengangkatan NPWP secara Jabatan itu apa ya pak,,??

72. Dinar - Agustus 24, 2010

pak, saya minta petunjuknya. saya sudah berumur 24 tahun. belum mendapat pekerjaan dan masih dalam asuhan orang tua. apakah diharuskan untuk membuat NPWP? karena setahu saya NPWP adalah nomor pokok wajib pajak yang harus dilaporkan secara bulanan. jika saya kita mempunyai pekerjaan dan penghasilan, apa yang harus saya lapor ya pak?

terima kasih tolong dibantu pak.

73. rizal - September 2, 2010

@dinar: kalau anda sudah mempunyai penghasilan sendiri dan melebihi batas penghasilan tidak kena pajak maka harus mempunyai NPWP sebagai sarana administrasi perpajakan anda.

74. BobHoss - September 8, 2010

Salam sejahtera,
Ijin tanya..kartu npwp saya hilang. kemungkinan di surabaya. sekarang saya berdomisili di banjarmasin. saya mendaftar npwp di jakarta..apakah saya dapat mengurus kartu npwp pengganti di banjarmasin..terima kasih atas perhatiannya..

rizal - September 14, 2010

Dalam hal anda pindah tempat tinggal atau tempat kedudukan dan/atau tempat kegiatan usaha ke wilayah kerja KPP lain, maka anda wajib mengajukan permohonan pindah ke KPP Lama atau KPP Baru dengan mengisi Formulir Perubahan Data dan Wajib Pajak Pindah dan/atau Formulir Perubahan Data dan PKP Pindah.
Berdasarkan permohonan tersebut KPP Lama wajib menerbitkan Surat Pindah untuk disampaikan kepada Wajib Pajak dan ditembuskan ke KPP Baru; atau KPP Baru meneruskan permohonan pindah ke KPP Lama sebagai dasar penerbitan Surat Pindah, paling lama 1 (satu) hari kerja terhitung sejak permohonan diterima secara lengkap. KPP Baru wajib menerbitkan Kartu NPWP dan SKT dan/atau SPPKP paling lama 1 (satu) hari kerja terhitung sejak diterimanya Surat Pindah dari KPP Lama dan ditembuskan ke KPP Lama.
KPP Lama menerbitkan Surat Pencabutan SKT, Surat Penghapusan NPWP, dan/atau Surat Pencabutan SPPKP paling lama 1 (satu) hari kerja terhitung sejak diterimanya tembusan Kartu NPWP dan SKT dan/atau SPPKP dari KPP Baru.

santi koesn - Maret 26, 2014

Tampaknya saya memiliki masalah spt yg bapak share, npwp saya beralamat domisili kos2an saya dulu di bali, pd saat itu ktp saya adl ktp jateng.semenjak tahun 2013 saya pindah ktp dki jakarta, dan sdh dilaporkan ke jamsostek utk pembaruan data namun ternyata sampai 2014 spt sy masih dg alamat lama ktp jateng.apakah sy harus ke kpp bali utk pembaruan data atau bisa langsung d kpp jkt saja?mulai dr mana sebaiknya pengurusannya?sekedar info saja bhw ktp sy belum yg ektp. Terimakasih

75. Zee - September 13, 2010

Artikel nya sangat membantu namun ada beberapa point yg saya ingin tahu, Saya masih berstatus mahasiswi, saya memiliki pekerjaan tetapi sifatnya online dan freelance jadi belum ada pemasukan tetap, dan dalam waktu dekat saya harus bepergian ke luar untuk urusan pekerjaan ini dan saya ingin bebas fiscal, orang tua saya memiliki NPWP tetapi tidak ikut bepergian dengan saya, yang ingin saya tahu bagaimana caranya agar saya terbebas dari fiskal ?

dapatkah saya menggunakan NPWP orang tua saya walaupun ia tidak ikut bepergian? Atau bila ternyata tidak berarti saya harus mengurus npwp saya sendiri dengan status saya apakah saya layak mengurus npwp? Oh ya mas sekarang ngurus NPWP bisa di kantor pajak mana saja kan? artinya tidak harus sesuai dengan kota di KTP yah?

Mohon sekali penjelasan dan pencerahannya mas

Terima Kasih

Zee

rizal - September 14, 2010

Berdasarkan peraturan yg berlaku yang wajib membayar fiskal LN adalah Wajib Pajak orang pribadi dalam negeri yang tidak memiliki NPWP dan telah berusia 21 (dua puluh satu) tahun , termasuk isteri atau suami, anggota keluarga sedarah dan keluarga semenda dalam garis keturunan lurus serta anak angkat yang menjadi tanggungan sepenuhnya Wajib Pajak. Apabila masih berusia kurang dari 21 tahun dan masih dalam tanggungan keluarga bisa membuat NPWP anggota keluarga supaya dikecualikan dari pembayaran fiskal LN. Selain dari itu harus membuat npwp sendiri.

rizal - September 14, 2010

Berdasarkan peraturan yg berlaku yang wajib membayar fiskal LN adalah Wajib Pajak orang pribadi dalam negeri yang tidak memiliki NPWP dan telah berusia 21 (dua puluh satu) tahun , termasuk isteri atau suami, anggota keluarga sedarah dan keluarga semenda dalam garis keturunan lurus serta anak angkat yang menjadi tanggungan sepenuhnya Wajib Pajak. Apabila masih berusia kurang dari 21 tahun dan masih dalam tanggungan keluarga bisa membuat NPWP anggota keluarga supaya dikecualikan dari pembayaran fiskal LN. Selain dari itu harus membuat npwp sendiri.

76. Zee - September 14, 2010

Terima kasih buat balasannya mas, namun saya menjadi bingung karena informasi yang simpang siur, jadi ga tau yang mana yang harus di ikuti ni

Saya sudah menanyakan seorang petugas pajak perihal membuat npwp sendiri, namun dia mengatakan saya tidak layak memiliki npwp karena pada ktp saya masih tertera status pelajar serta saya tidak memiliki slip gaji/reference bahwa saya memiliki pemasukan tetap walaupun usia saya sudah memasuki usia wajib npwp ( saya 23 tahun saat ini )

Dan dia juga mengatakan saya bisa bebas fiscal asal membawa kartu npwp orang tua dan mengurus 3 hari sebelum keberangkatan dengan membawa kartu keluarga walaupun orang tua saya tidak ikut dalam perjalanan tersebut ke bandara.

77. ary - November 10, 2010

mau tanya pak…mumpung saya lg kesasar kesini :D

begini pak, saya khan diterima di salah satu perusahaan BUMN (saya fresh graduate), perusahaan ini mensyaratkan saya untuk membuat NPWP, berhubung saya blum punya, trus saya buat NPWP-nya dengan penjelasan ketika buat NPWP bahwa saya menjadi karyawan salah satu BUMN (diformulir pada kolom jenis instansi pegawai). namun hal ini terjadi sebelum teken kontrak dengan perusahaan tersebut (tapi dah kerja sekitar 1 bulan, perusahaan beralasan kontrak-nya belum jadi). ketika saya dipanggil untuk teken kontrak dan mengetahui klo saya hanya menjadi pegawai outsourcing dengan imbalan yg minim, saya mengundurkan diri dari BUMN tersebut. dan kemudian saya bergabung dengan perusahaan lain (swasta).

yg jadi pertanyaan saya adalah:
1. bagaimana nanti pemotongan pajak saya ,saya kan ketika membuat NPWP menuliskan bahwa saya pegawai BUMN? sedangkan sekarang saya bekerja di perusahaan swasta.
2. trus bagaimana tahun depan nanti saya akan melaporkan hal ini?, sebab ketika buat NPWP, petugasnya “mesenin” saya supaya lapor ke kantor pajak tersebut tahun depan.
3. saya hanya mempunyai penghasilan dari gaji perusahaan dengan THP 2.000.000/Bln bagaimana saya melaporkannya?khan pajaknya sudah dipotong perusahaan?

pipiet - November 15, 2010

saya juga mo tanya pak..
mudah2an ga bosen niyh karna banyak yg nanya..hehe

begini pak Rizal, pada desember 2009 saya membuat npwp, pada saat itu pekerjaan saya hanya seorang freelance, saya buat npwp karena katanya wajib punya, kalo ga wajib mah saya ga akan bikin :D
Saat ini saya bekerja sebagai asdos di salah satu perguruan tinggi, saya baru bekerja disana selama 10 bulan, kalau dihitung-hitung penghasilan saya 10jt/thn (ngga nyampe siyh sebenernya :D)

yang mau saya tanyakan :
1. apakah saya dikenakan wajib lapor ? secara penghasilan saya baru sejumlah yang diatas
2. kalau terlambat lapor apakah ada denda? (soalnya saya baru tahu ternyata wajib lapor itu katanya setiap akhir maret, sayah pikir karena saya daftarnya desember tahun lalu berarti desember tahun ini saya lapornya, hehe)

itu aja pak Rizal, mohon bantuannya dan petunjuknya, karena saya masih buta tentang kewajiban melapor pajak dan tata caranya..

banyak terimakasih sebelumnya ^^

78. rizal - November 11, 2010

1. untuk masalah tersebut anda bisa mengajukan permohonan updating data di KPP tempat anda terdaftar. Hal ini tidak berpengaruh terhadap perpajakan anda, karena statusnya sama2 karyawan
2 dan 3. setiap wajib pajak yang telah ber NPWP harus melaporkan pajaknya. Anda sebagai karyawan cukup melaporkan SPT tahunan PPh orang pribadi. Misalnya anda hanya memperoleh penghasilan dari gaji sebagai karyawan, maka anda cukup melaporkan SPT saja karena tiap bulan Pajak penghasilan anda telah dipotong oleh perusahaan. jadi cukup menyampaikan SPT nihil dengan dilampiri bukti pemotongan PPh 21.

ary - November 13, 2010

makasih banyak pak atas informasi & penjelasannya…..lega rasanya klo ada kejelasan seperti ini.

79. jack - November 22, 2010

mhn info nya pak,..
saya mempunyai 2 npwp dgn nomor berbeda,1 alamat waktu saya kontrak rumah dan 1 npwp sesuai dengan alamat rumah sekarang(milik sendiri) pertanyaan :
1. npwp mana yg harus sy batalkan/pakai?
2. bgm cara nya?

Tq sebelumnya pak.

80. suriani - November 23, 2010

boleh tanya g ya?
pekejaan ayah saya sebagai Wiraswasta / Agen LPG… yang saya mau tanyakan apakah pajak penghasilan sdh termasuk di dalam NPWP?
soalnya 2tahun yang lalu…ayah saya sering mendpat tagihan pajak penghasilan dari kpp tp belakangan ini g ada lagi…!! thank’s…

81. Review Blog Selama 2010 « Catatan Seorang Tax Blogger - Januari 3, 2011

[...] terlaris Caranya Punya NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)Pajak Pertambahan Nilai (1)Pertanyaan Penghitungan PPh 21Pajak WartegPunya NPWP Apakah Harus Lapor [...]

82. Tresia - Maret 8, 2011

Saya punya NPWP sewaktu bekerja disuatu perusahaan swasta di medan. Tahun lalu saya lulus PNS di Sibolga. Apakah NPWP saya itu masih bs dipergunakan walaupun sudah beda instansi?

rizal - April 21, 2011

tetap bisa digunakan.. untuk pelaporan kewajiban perpajakan anda tetap pada KPP tempat anda terdaftar

83. Junita - Maret 8, 2011

Saya baru tinggal di sibolga, itupun karena lulus PNS tahun lalu. sebelumnya saya warga kota Medan. mw nanya pak..kalau saya ngurus NPWP di medan utk dipergunakan di sibolga, bs gak pak?

84. Titan - Maret 10, 2011

Mau tanya dong..
Aku kan statusnya di KTP masih Mahasiswi, tapi sekarang sudah lulus dan belum bekerja, pekerjaan sekarang cuma kerja sambilan melalui online store. Kalo pengen bikin NPWP bisa ngga? sedangkan aku ngga bekerja sebagai karyawan instansi tertentu. tq

rizal - April 21, 2011

tentu boleh.. Setelah mempunyai NPWP jangan lupa untuk melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan anda.

85. windu desynawati - April 6, 2011

pakkk… kok saya dikenain pajak pasal 25 padahal saya sdh ubah sesuai dengan yg bapak kasih ma temen2 di atas..
tolong dong gmn carany untuk karyawan swasta…

86. wiwit - April 13, 2011

salam pak,

mw tanya nie pak..
saya ingin membuat NPWP pribadi domisili saya di jakarta barat apaboleh saya membuat NPWP di daerah jakarta selatan

terima kasih

rizal - Januari 3, 2012

Boleh saja, untuk membuat npwp bisa dimana saja. Silakan baca arsip tanya jawab sebelumnya

87. santi permana - April 18, 2011

massss tanyaaaaa…
saya sudah mempunyai NPWP, erhubung saya wiraswasta, usaha saya juga baru saja jalan. apa saya wajib membayar pajak atau gimna, bisa bantu saya kah????

rizal - Januari 3, 2012

untuk wiraswasta tetap melaporkan SPT. melaporkan SPT tidak berarti harus membayar pajak, bisa jadi SPT nya nol (nihil).

88. asti - Mei 13, 2011

saya mau tanya..apa benar kalau mau buat npwp penghasilan harus d atas 2,6 juta (perusahaan tempat saya kerja)

rizal - Januari 3, 2012

Untuk aturan tidak ada yang menyebutkan syarat penghasilan minimum untuk mempunyai npwp. yang penting punya penghasilan harus dilaporkan pajaknya. untuk karyawan biasanya penghasilan sudah dipotong oleh pemberi kerja, dan karyawan cukup melapor SPT tahunan (satu kali setahun)

89. imron - Juni 27, 2011

saya mw tanya saya berdomisili d jakarta & ktp saya msh jawa apa sy bisa bt npwp d’jakarta…..

rizal - Oktober 7, 2011

pertanyaan ini sudah pernah ditanyakan di blog ini, bisa dicari di arsip tanya jawabnya..

90. sandy - Juli 17, 2011

malam pak rizal,.. saya mau tanya nih,. saya sekarang berdomisili d surabaya,. tapi saya masih berKTP jakarta,. bisa kah saya mengurus NPWP di surabaya apakah saya harus ngurusnya di jakarta sesuai KTP,. terima kasih sebelumnya,.

91. Rinda - Juli 26, 2011

saya mau tanya.. dulu saya bekerja di salah satu perusahaan, saya sudah dibuatkan npwp.. sekarang saya resign dari perusahaan tersebut dan ingin membuka usaha.. Apakah npwp saya masih berlaku, atau saya harus membuat npwp baru??

rizal - Oktober 7, 2011

masih berlaku.. karena NPWP tidak terikat pada tempat bekerja anda, tetapi mengikat ke pribadi pemilik NPWP

92. bram - Oktober 3, 2011

mw tanya dunk,
saya berencana untuk membangunn restoran franchise, dimana saya adalah franchisernya, lalu saya ingin membuat npwp, saya baca di salah satu form registrinya “untuk pendaftaran wajib pajak dengan statu cabang, istri/JO, atau orang pribadi tertentu, sebutkan NPWP pusat/domisili/pasangan”

berdasarkan keterangan diatas apa itu berarti saya harus meminta NPWP pemilik utama (yang mem-franchisekan ke saya)dari restoran saya ini ? teriamaksih

rizal - Oktober 7, 2011

Yang dimaksud dengan status cabang adalah untuk wajib pajak badan, dimana untuk pusat dengan kode 000, dan cabang angka setelahnya.
Untuk kasus bapak yang ingin membeli franchise, maka statusnya adalah NPWP bapak sendiri. karena nanti penghasilan dari franchise adalah masuk komponen penghasilan bapak, dan harus dilaporkan di SPT bapak. Jadi cukup dengan buat NPWP pribadi

93. saiful bahtiar - Oktober 7, 2011

aslkm,
saya mau tanya. bagaimana cara menguru pajak tanah yang tidak sesuai dengan luas tanah? saya punya tanah 160 m, dan dalam taihan pajak tertulis tanah saya 280 m, bagaimana cara mengurusnya, agar wajib pajak saya sesuai dengan luas tanah saya. apa persyaratan untuk mengurus itu? terimakasih
wassalamualaikum

rizal - Oktober 7, 2011

Pak saiful..

Pajak tanah mungkin tepatnya yang dimaksud adalah Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Luas tanah bapak yang tercantum 280 m ada di data SPPT PBB anda. Kemungkinan data tanah anda belum terupdate di Kantor Pelayanan Pajak. Untuk lebih jelasnya, bapak bisa datang ke Kantor Pelayanan Pajak terdaftar. Dengan catatan, saat ini sebagian pemungutan PBB sudah dilimpahkan ke pemda/pemkot. Apabila untuk wilayah anda pengelolaan PBB sudah dialihkan ke Pemda, maka anda bisa menghubungi dispenda setempat..
Semoga membantu

94. novita - Oktober 20, 2011

saya mau tanya..
saya seorang jobseeker atau pencari kerja. ketika saya hendak mencari pekerjaan saya disarankan membuat npwp dulu. Yang ingin saya tanyakan :
1. Untuk kolom status usaha, apa yang harus saya isi?
2. untuk lokasi usaha, apa yang saya harus isi?
3. untuk klaisifikasi lapangan usaha, apa yang saya harus isi?

mohon bantuan infonya, trimakasih.

95. herliani pane - Oktober 23, 2011

Salam kenal pak Rizal

Skrng sya sedang bekerja di sebuah yayasan milik perusahan sebagai koontrak outsourcing selama kurang lebih 1.5 tahun. Sejak awal sya sdah dikenakan pajak karena penghasilan sya melebihi batas penghasilan selama setahun. tapi sampai skrng sya belum mempunyai NPWP dan tidak diberikan bukti apapun oleh pihak kontraktor sya bahawa gaji sya dipotong (kena pajak) setiap bulannya. pertanyaan sya;
1. apakah yg harus sya lakukan kepada kontraktor sya tersbut?
2. siapakah yg wajib mengurus NPWP tersebut? apakah pihak yg memajak sya (dalam hal ini adalah kontraktor) atau sya sendiri?
2. JIka ternyata pihak yg memajak sya (kontraktor) sebenarnya yg wajib meguruskan NPWP, apakah ada sanksi tertentu yang akan diberikan kpada kontraktor tersbut, atau bgmana?

mohon bantuannya.

Terimakasih
balas

rizal - Januari 3, 2012

1. Karyawan yang dipotong pajaknya oleh pemberi kerja wajib memberikan bukti potong (fromulir 1721 A2). Nanti bukti potong itu sebagai bukti bagi wajib pajak bahwa pajaknya telah dipotong oleh pemberi kerja.

2. Karyawan biasanya didaftarkan NPWP secara massal oleh perusahaan. Anda bisa menanyakan kepada perusahaan tempat anda bekerja.

96. Heri vid - Desember 22, 2011

pak mau tanya? kalo blm pernah berkerja apakah layak untuk mendapatkan NPWP?

97. Ari gunawan - Desember 23, 2011

Saya ingin membuat npwp tp sya tdk taw caranya.krna d perushaan saya harus mengGunakan npwp.mhn bantuanya.thx.palembang@.

98. Prisma Utama - Januari 2, 2012

Bagi-bagi info neh gan…..bagi pemirsa yang mau belajar pajak ada modul pajak gratis dari http://www.perpajakan.net

boim - Februari 24, 2012

pak mau nanya ya? kalau mau bikin npwp itu persyaratannya apa aja ya? terimakasih
dari : boim tangerang

99. Berly - Februari 20, 2012

pak mau nanya, pembuatan NPWP, harus sesuai dengan alamat KTP ya, kalo saya dah pindah ke kota lain, kebetulan saya tidak punya KTP kota itu, sementara saya harus buat NPWP (baru buat), gmana ya prosedurnya?

100. Dewi - Februari 25, 2012

Udah coba buka http://www.pajak.go.id tp kok cara buatnya gimana ya kurang paham…

Mau urus ke kantor pajak langsung tidak ada waktu, pulang kerja kantor pajak nya sudah tutup…

Tolong di bantu ya..
Kemudian syarat-syarat nya apa aja??

101. Rendy - Maret 5, 2012

pak saya sudah punya NPWP dan saya mau daftarkan di e-Registration, di opsi yang sudah punya NPWP ada isian untuk memasukkan No Register, dimana saya bisa mendapatkan no regiter tersebut?

102. awal - Maret 8, 2012

Mohon infonya, kenapa kalo buat NPWP di kartu NPWP kita tertulis terdaftar dari tahun 2009? Padahal kita baru buat tahun ini (2012). Teman saya buat di cabang Jababeka Bekasi. Terimaksih

103. ahmad - April 1, 2012

waaah! makasi banyak nih infonya.

104. ahmad - April 1, 2012

waah! makasih banyak atas infonya yo. saya juga mau bikin ahh.

105. widyah - Mei 13, 2012

saya minta bantuan untuk cara pengisian NPWP pusat/domisili/pasangan
saya merasa kesusahan…………..
thanks.

106. ega - Juni 3, 2012

boleh tidak kalau membuat npwp tidak sesuai ktp

107. Anie - Agustus 8, 2012

Pak,saya mo tanya..klo sedang bkerja di luar negri (TKI)bs ngga bikin NPWP secara online? Dan bagaimana caranya? Trima ksh.

108. Kiki - Oktober 24, 2012

Pak, mohon tanya…saya belum mempunyai pekerjaan dan jika saya mau membuat NPWP apakah bisa? bagaimana cara nya? terima kasih.

109. kuntoro - Oktober 29, 2012

saya dijakarta terus mau buat NPWP,tetapi KTP saya masih KTP daerah blum KTP jakarta apakah bisa saya buat NPWP di jakarta?

110. danang wijaya - Desember 2, 2012

saya mw nanya,
sa krja d kuningan_jaksel, saya tinggal d tanah abang_jakpus, sedangkan ktp saya ktp daerah bgaimana saya mmbwat npwp?

111. ericker106@yahoo.com - Januari 30, 2013

saya mau nanya, saya kerja di jakarta, sedangkan KTP sy ktp daerah yaitu jayapura, bagmn saya buat npwp.

112. nic - Februari 25, 2013

jika sya tinggal dan bekerja d kota tangerang tetapi ktp saya lampung bisa tidak saya urus npwp d tangerang?

113. didi - Maret 4, 2013

Pak, saya mau tanya.
Saat ini buka usaha dgn badan hukum CV. Saya sdh punya npwp pribadi juga. pertanyaannya, apakah utk menjalankn usaha ini saya perlu buat npwp badan usaha? Kapan sy hrs buatnya? Saya baru mulai usahanya..blm bnyk menghasilkan.
Bagaimana jika saya menggunakan npwp pribadi saja?
Mohon masukannya. Thanks.

didi
wira.thelanguage@gmail.com

114. anto - Maret 9, 2013

salam all,

saya mau tanya, saya sudah berpindah kerja dari perusahaan besar ke perusahaan kecil yang tidak lapor pajak. belum beberapa bulan saya pindah kerja lagi ke perusahaan yang tidak lapor pajak juga.

pada bulan maret ini saya mau melaporkan pajak saya, untuk tahun sebelumnya pada saat diperusahaan besar saya melaporkan menggunakan 1770s, sekarang saya bingung harus mengisi form apa, dari perusahaan tidak bisa memberikan 1721.

mohon pencerahannya.

thanks

anto

115. ardho tek - Maret 12, 2013

mikum,
saya mau tanya,saya baru buat cv bidang usaha supllier & general trading alat alat teknik,kebetulan ada satu customer yang minta sppkp sebagai syarat masuknya barang ke pt tsb.apa aja syarat/kelengkapan untuk membuat sppkp tsb ?mohon infonya.
terimakasih,

ardho tek

116. Primawan Hafidy - Maret 19, 2013

Cara ngisi NPWP Online bagi karyawan Baru gmna bro

117. http://marra.noticia.es/user/LatishaJG/history - Maret 21, 2013

The other day, while I was at work, my cousin stole my apple ipad and tested to see if it can
survive a thirty foot drop, just so she can
be a youtube sensation. My iPad is now broken and she has 83 views.

I know this is totally off topic but I had to share it with someone!

118. www.wolff-tech.com - April 20, 2013

What a stuff of un-ambiguity and preserveness of valuable
experience about unexpected emotions.

119. Nola - April 24, 2013

Hey!
It looks as though we both have a interest for the same thing.
Your blog and mine are very similar. Have you ever considered writing a
guest write-up for a related website? It will definitely help gain exposure to your website (my website receives a lot of visitors).
If you happen to be interested, contact me.
Thanks

120. tita - Mei 12, 2013

punten pak mau tanya…
emmm… boleh tidak kita bikin NPWP d kpp kota bogor sedangkan alamat KTP saya d cirebon karena saya bekerja disana (kota bogor) mohon balsannya.. terima kasih… URGENT…!!!
ditunggu segera…
TKS :)

121. cakumar - Mei 14, 2013

saya mau tanya.saya tenaga honorer. gaji pertahun belum memenuhi
PTKP. tentunya saya kan belum wajib bayar pajak. nah saya pingin punya NPWP. caranya bagaimana?. apakah saya nantinya setelah saya punya NPWP harus wajib bayar pajak?. terima kasih

122. Susan - Mei 28, 2013

Sore Pak, saya mau tanya, jika saya ingin buka usaha di luar jakarta (surabaya) tapi NPWP saya lokasi Jakarta, apakah saya harus punya NPWP Surabaya juga? Bagaimana dengan pelaporannya?

123. Denovie Nurwantinny (@denoview) - Juli 10, 2013

Pagi pak, saya mau tanya
saya masih mahasiswa namun punya usaha jualan kecil-kecilan, sewaktu saya membuat npwp saya oleh petugas di masukan jenis npwp nya adalah orang pribadi pekerjaan bebas usahawan, jadi saya dikenakan pasal 25 dan harus lapor SPT tahunan dan SPT masa yaitu pelaporan tiap bulan, namun skrg saya sudah tidak usaha lg dan skr saya bekerja sebagai tenaga honorer, lalu bagaiman jenis pelaporan saya ?? apakah tetap kena SPT masa ?

mohon bantuan info nya
terimakasih

124. Mitra - Juli 12, 2013

Mas rizal, mau nanya…

Di registrasi online saya ketika saya mau melakukan “permohonan perubahan data” yang keluar malah bacaan ‘Telah terjadi kesalahan ketika mengakses ke database. Hubungi administator anda’.

Bagaimana cara mengatasinya ?
Terimakasih..

125. adit - Juli 26, 2013

Mas saya mau tanya nih,
saya kan tinggal di banjarnegara dan bekerja di jakarta,,pertanyaan saya apakah saya bisa membuat NPWP di jakarta,? dan kalau bisa syaratnya apa aja ?

126. NONA - Juli 28, 2013

maaf pak tanya nih,, npwp yang baru FRESH sebulan bikinnya, apa bisa di ajukan buat KPR? thanks alot.. :D

127. Harsen Novan - Agustus 14, 2013

pak, saya mau tanya ni, saya masih mahasiswa dan belum berpenghasilan. saya berencana mau ke luar negeri. akan tetapi nanti saya dikenakan fisikal, jadi harus buat npwp. bagaimana caranyanya pak? mohon penjelasannya

128. fitria umsiniwati - Oktober 29, 2013

Saya mau tnya nich pak. Klu misalnya. d salah satu perusahaan, yg mendirikan seorng istri yg tdk memiliki npwp n npwp yg d pakai utk laporan or utk d pke pot. usaha adalah npwp suaminya apakah bisa??? N apakah ada ketentuan lain

129. husen - Desember 17, 2013

Saya tinggal di Ungaran, Semarang, bekerja di salah satu perusahaan garment di Ungaran. Kemarin hari Senin (12/16) saya mau membuat NPWP di Kantor KPP Jatingaleh, Semarang, karena setau saya disitu memang Kantor Pusat Pelayanan Pajak di sekitar Semarang, Jawa Tengah. Betapa herannya saya ketika permohonan pembuatan NPWP saya ditolak dikarenakan KTP saya Grobogan, Purwodadi. Dari situ saya dijelaskan, katanya KTP Purwodadi harus datang langsung ke Kantor KPP BLORA, waduh jauh sekali…. seumur2 saya aja belum pernah ke Blora, malah dari SMA saya sudah sekolah dan tinggal di Semarang… Akhirnya saya pulang ke Ungaran dengan ekspresi penuh kekecewaan…. katanya sekarang pelayanan dipermudah, tapi kok kenyataannya malah dipersulit??? APA KATA DUNIA?????

130. andri - Januari 28, 2014

Gimana caranya buat NPWP untuk freelance?Saya kerja sebagai desainer PCB freelance..
Terima kasih

131. videobuilding.ru - Januari 31, 2014

За все эти годы мы создали команду профессионалов videobuilding.ru, которые имеют
умелый опыт по своим специальностям.
У нас есть объединенная команда, которая строит
ремонтирует в течение немалых лет, что выгодно выделяет нас от других.

У нас есть много решений, и мы
видели много особенных случаев которые помогут вам решить затруднительные вопросы.

Перед началом производственного цикла все строительные
материалы тщательно проверены,
чтобы гарантировать, что
они подходят спецификации производителя для того, чтобы ответственные детали изготовлены из высококачественных материалов.

Испытание качества на каждом
шагу. Мы также проводим стресс-тесты и исследуем
структуру строительного материала.
Дело контроля и лабораторных
испытаний являются лишь частью нашей
программы. Вы сможете доверить нам все проблематичные процедуры, взаимосвязанные с
выбором или исследованием проекта,
приобретение дозволений на строительство,
подключение электро энергии,
воды, газа, канализации и строительство под ключ.

132. Alex Moore - Februari 5, 2014

Apakah Anda membutuhkan pinjaman? jika ya hubungi kami sekarang melalui email untuk sah dan pinjaman terjangkau baik-baik saja.
Eamil: am.credito@blumail.org

133. lintang - Februari 13, 2014

selamat siang, Pak..
mohon infonya..
saya sudah mendaftar NPWP lewat e-registration, krn kebetulan saya bekerja diluar daerah (luar tmpt domisili saya), yg mau saya tanyakan, menurut info yg saya dapat setelah kita mendaftar, seharusnya kita dapat SKTS (Surat Keterangan Terdaftar Sementara).. itu dikirimkan ke account email saya / atau gimana ya?
karena saya coba bertanya bahkan sampai lewat facebook&twitternya Dirjen Pajak..tp tidak ada jawaban apa2 :(
sementara kantor saya sudah tanya2 terus..

134. Khairul Alim - Februari 19, 2014

Selamat siang pak. Saya mahasiswa semester 4 yang memiliki pekerjaan sampingan mengajar les privat. Saya ingin membuat NPWP untuk membuat rekening tabungan di bank Commonwealth yang menyaratkan NPWP sebagai syarat untuk pembukaan rekeningnya. Yang ingin saya tanyakan, ketika saya mendaftar di website secara online, apa yang harus saya isi untuk alamat usahanya? sedangkan pekerjaan saya tidak pasti dimana mengajarnya. Terima kasih.

135. Dimas - Februari 20, 2014

Malam Pak
maaf pak saya mau nanya saya kan ada rencana untuk pendirian cv nah yang ingin saya tanyakan pak . apakah saya harus buat npwp pribadi atau npwp atas nama cv pak soaly klo untuk omsety perbulan masih kecil pak , mohon petunjuknya pak terima kasih.

136. pman - Maret 1, 2014

Apaan sya buat kartu npwp dilampung jadina lama sampe 2 mingguan bru slesai. Bikin npwp ribet dan lama pemerintah kebanyakan bertele-tele!

Dimas - Maret 3, 2014

ya memang bgtu udah menjadi trasidi di negara kita bikin surat-surat yg bersangkutan dengan instansi pemerintah memang ribet buktiy gw aja bikin skdu byr aja prosesnya ampe 5 hari ape lg yg gratis di jamin smpe sebulan,

137. fawzy - Maret 7, 2014
138. obat kuat - Maret 9, 2014

Excellent weblog here! Additionally your web site quite a bit up very fast!
What web host are you the usage of? Can I am getting your affiliate hyperlink for your host?
I wish my website loaded up as fast as yours lol

139. fotochata.pl - April 9, 2014

Great web site you’ve got here.. It’s hard to find good quality writing like yours nowadays.
I truly appreciate individuals like you! Take care!!

140. o-filmach.pl - April 12, 2014

I am really impressed with your writing skills as well as with the layout on your blog.
Is this a paid theme or did you customize it yourself? Either way keep up the nice quality writing, it is rare to see a nice blog like this one these days.

141. Obat Kuat Asli - April 29, 2014

I was wondering if you ever considered changing the structure of your site?
Its very well written; I love what youve got to say. But maybe you could a little more
in the way of content so people could connect with it better.
Youve got an awful lot of text for only having 1 or 2 images.
Maybe you could space it out better?

142. Sulamit - Mei 30, 2014

saya tahun 2009, melalui perusahaan sudah membuat NPWP pribadi. KTP saya berdomisili di Surabaya, tapi sudah bisa cetak NPWP sesuai alamat perusahaan tempat saya bekerja di Karawang.
Artinya bisa kan bila diterapkan juga untuk teman saya?
Beliau bekerja di Cikarang Utara namun berdomisili di Bekasi.
Mohon infonya! Terima kasih!

143. Go Pajak DJP - Juni 11, 2014

Yang penting datang dulu ke kantor pajak………

http://gopajakdjp.blogspot.com

144. centurykredit - Juli 10, 2014

Apakah Anda membutuhkan pinjaman? Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk memulai sebuah bisnis? Apakah Anda memiliki bisnis dan Anda membutuhkan pinjaman untuk pembesaran bisnis? Apakah Anda dalam kekacauan finansial dan Anda membutuhkan pinjaman??? Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi hutang-hutang Anda? Apapun masalah pinjaman Anda mungkin, inilah bantuan Anda karena kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga rendah dan terjangkau. Hubungi kami hari ini di Century.kredit@hotmail.com untuk lebih jelasnya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 364 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: